Workshop Seminar Evaluasi Program Penempatan Perawat Indonesia ke Belanda



08 Nov 2022




Direktur POLKESYO menjadi salah satu Peserta Delegasi dari Indonesia dalam kegiatan Workshop Seminar Evaluasi Program Penempatan Perawat Indonesia ke Belanda yang dilaksanakan pada tanggal 1 .s.d 7 November 2022 di Denhag, Belanda. Rangkaian kegiatan diantaranya adalah kegiatan kunjungan ke RS Onkologi / Cancer di Den Haag Belanda diskusi tentang peran dan peningkatan kapasitas tenaga Perawat khususnya Cancer. Kemudian juga dilakukan kunjungan ke Kedutaan Besar Indonesia untuk Belanda, diskusi dengan Sekretariat KeDubBes (Sekretaris KeDuBes & Tim) bersama Diaspora Kesehatan Belanda - Indonesia tentang peran Diaspora dalam peningkatan kapasitas tenaga Perawat dan tenaga Kesehatan lainnya dalam kontek penyusunan Kurikulum, Guest Lecturer dan pendayagunaan perawat dan tenaga kesehatan Lainnya.

Pada tanggal 2 November 2022, tim Delegasi menuju ke Kota Brenda dengan agenda Kunjungan di Avanst University Breda diskusi dan pendalaman Rekognisi Perawat Indonesia di Belanda bersama Bapak Duta Besar Indonesia utk Belanda, Manajer Avanst, Perawat asal Indonesia, Tim Kemenkes, dan Rumah Sakit sebagai User Perawat Indonesia. Kemudian juga kunjungan di Kemenkes Belanda di DenHaag melakukan diskusi, pendalaman serta rencana perpanjangan MoU ketenagaan kesehatan antara Kemenkes RI dengan Kemenkes Belanda.

Hari ketiga kegiatan, dilakukan kunjungan ke Institusi Pelayanan Kesehatan Lansia di Assen dan ke Institusi Peningkatan Kapasitas tenaga kesehatan Indonesia di Breda. Dilaksanakan juga diskusi secara Daring bersama Tim MoH Netherland tentang Indonesia - Netherland International Class Program for Health Professional Workforce Development, Poltekkes Yogyarta, Denpasar, Surakarta, PMO DitJenNaKes. Dilanjutkan dengan Penandatangan MoU THE TECHNICAL ARRANGEMENT BETWEEN THE MINISTRY OF HEALTH OF THE REPUBLIC OF INDONESIA AND YOUR MEDICAL MATCHMAKER B.V. (YOMEMA B.V.) ON CAPACITY BUILDING FOR INDONESIAN HEALTH PROFESSIONALS