Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79 di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta



17 Aug 2024




Yogyakarta, 17 Agustus 2024 - Poltekkes Kemenkes Yogyakarta menggelar upacara memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia di Halaman Direktorat Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Acara yang berlangsung dengan khidmat ini dihadiri oleh seluruh pegawai serta perwakilan mahasiswa dari berbagai jurusan di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Upacara dipimpin oleh Dr. Yuni Kusmiyati, S.ST., M.PH., yang menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh.) Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Dalam sambutannya, Dr. Yuni mengingatkan pentingnya mengenang jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan serta menekankan peran generasi muda dalam melanjutkan pembangunan bangsa.

Dr. Yuni, selaku pembina upacara, menyampaikan pesan penting terkait peringatan Hari Kemerdekaan. Beliau menekankan pentingnya mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah kemerdekaan yang telah diraih. Dengan tema "Nusantara Baru Indonesia Maju", beliau menekankan semangat kebangsaan yang harus terus digemakan dari Sabang sampai Merauke, serta dari Miangas sampai Pulau Rote. Tema ini merefleksikan tiga momen penting dalam sejarah bangsa: penyambutan Ibu Kota Nusantara (IKN), estafet kepemimpinan nasional, dan semangat menuju Indonesia Emas 2045.

Pembina upacara juga menjelaskan bahwa IKN tidak hanya sekadar wilayah geografis, tetapi juga lambang akselerasi pemerataan pembangunan dan panggilan kerja kolektif nasional. Kehadiran IKN mencerminkan tekad untuk menghimpun segala daya dan potensi guna kemakmuran rakyat, serta menjadi momentum untuk mengakselerasi pembangunan dengan partisipasi aktif dari seluruh rakyat.

Dalam sambutannya, pembina upacara mengajak setiap pemimpin di Indonesia untuk mengamalkan nilai "Smara-bhumi Adimanggala," yang merupakan tekad juang menjadi pelopor pemersatu berbagai unsur yang berbeda-beda dari waktu ke waktu, serta berperan dalam perdamaian dunia. Beliau juga menekankan pentingnya prinsip "Lir-ginelar," sebuah patron kebijakan kepemimpinan dalam nilai-nilai demokrasi, musyawarah mufakat, dan partisipasi masyarakat.

Sebagai bagian dari rangkaian pelaksanaan upacara, dilaksanakan juga penyerahan piala dan sertifikat kejuaraan yang diraih oleh pegawai dan mahasiswa dalam berbagai ajang kompetisi. Prestasi ini diraih oleh pegawai dan mahasiswa dalam berbagai kompetisi, baik kompetisi dalam bidang akademik maupun non-akademik.

Dengan semangat "kerja bersama" yang menandai peringatan Proklamasi Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia, seluruh peserta upacara diajak untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Dr. Yuni menutup sambutannya dengan harapan agar Tuhan Yang Maha Mengetahui senantiasa menunjukkan arah di jalan lurus-Nya, sehingga Jiwa Proklamasi dapat menuntaskan misi membangun NKRI yang satu dan bersatu dalam semangat Nusantara Baru Indonesia Maju "Lir Handaya Paseban Jati".

Dirgahayulah yang ke-79 Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sekali Merdeka Tetap Merdeka menuju Indonesia Jaya!

Kontributor : IT Team