Sharing Session Nasional Mahasiswa Jurusan TLM Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Sukses Digelar



02 Oct 2024




 

Yogyakarta – Himpunan Mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Jurusan Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Poltekkes Kemenkes Yogyakarta telah sukses menggelar kegiatan Sharing Session Nasional pada Sabtu Legi, 21 September 2024. Acara ini diselenggarakan secara daring melalui platform Zoom Meeting dan diikuti oleh seluruh instansi pendidikan dan kesehatan di Indonesia. Sharing Session ini merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, serta pengalaman kerja kepada para mahasiswa, khususnya di Jurusan TLM Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Tahun ini, acara menghadirkan dua narasumber yang merupakan alumni dari Jurusan TLM. Narasumber pertama adalah Bapak Drs. Endra Mulyanto, Apt., MHA, MM, seorang Master Trainer Licensed BNSP sekaligus Ketua Umum ASLABKESDA Indonesia. Narasumber kedua adalah Ibu Indrayanti, S.ST, pegawai di Instalasi Laboratorium Mikrobiologi & Biomolekuler BBLABKESMAS Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh 515 peserta, yang terdiri dari mahasiswa dan civitas akademika Jurusan TLM Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Mufarihana Royani selaku Master of Ceremony (MC), dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Polkesyo. Setelah itu, Nesya Sabila Rinta Ayunda selaku ketua panitia memberikan sambutan, yang kemudian diikuti dengan sambutan dari Ketua Jurusan TLM, Ibu Muji Rahayu, S.Si, Apt., M.Sc.

Memasuki sesi inti, narasumber pertama, Bapak Drs. Endra Mulyanto, menyampaikan materi dengan tema “Inovasi dalam Diagnosis Biokimia dan Toksikologi di Laboratorium”. Setelah pemaparan materi, sesi tanya jawab berlangsung dengan antusias dari para peserta. Acara dilanjutkan dengan pemberian cinderamata dan foto bersama narasumber pertama.

Sebelum memasuki penyampaian materi kedua, dilakukan sesi ice breaking berupa kuis berhadiah yang diikuti oleh para peserta. Tiga pemenang beruntung mendapatkan hadiah menarik dari panitia. Setelah itu, narasumber kedua, Ibu Indrayanti, S.ST, menyampaikan materi dengan tema “Pengoptimalan dan Pengaplikasian PCR dalam Diagnostik Pemeriksaan Laboratorium”, yang juga diikuti dengan sesi tanya jawab yang interaktif. Acara diakhiri dengan pemberian cinderamata dan foto bersama narasumber kedua.

Kegiatan Sharing Session Nasional ini ditutup dengan manis oleh Mufarihana Royani selaku MC. Acara ini memberikan manfaat besar bagi para mahasiswa dalam memperluas wawasan tentang dunia kerja, khususnya di bidang teknologi laboratorium medis. Selain itu, kegiatan ini juga mempererat hubungan antara mahasiswa, dosen, dan alumni Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.Kegiatan tahunan seperti ini diharapkan dapat terus memberikan inspirasi dan motivasi kepada mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja di bidang kesehatan yang semakin berkembang.

Kontributor : HMPS STR TLM