SEMINAR NASIONAL 2024 HMPS SARJANA TERAPAN SANITASI LINGKUNGAN DAN DIII SANITASI JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN



19 Sep 2024




Serangkaian kegiatan Seminar Nasional 2024 dengan tema “Menumbuhkan Semangat Peduli Lingkungan dalam Pencegahan Berkelanjutan dan Pengendalian Pencemaran Lingkungan untuk Pembangunan berkelanjutan” dilaksanakan secara hybrid melalui Zoom Meeting Room dan di PUI – NOVAKESMAS pada Sabtu Wage, 14 September 2024. 

Pelaksanaan kegiatan Seminar Nasional 2024 berjalan sesuai dengan rundown acara yang sudah disusun yaitu diawali dengan berkumpulnya panitia untuk briefing pada pukul 06.00 WIB kemudian panitia memastikan Kembali peralatan dan media yang akan digunakan, pada pukul 07.30 WIB peserta mulai berdatangan ke PUI – NOVAKESMAS dan bergabung pada Zoom Meeting Room

Acara dimulai pada pukul 08.30 WIB dibuka oleh Radita dan Arya Ardhi selaku MC. Selanjutnya peserta dimintai untuk mengisi presensi awal melalui link google form yang sudah dibagikan oleh panitia. Acara selanjutnya menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Hymne Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Mars WBK Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang dipimpin oleh Delia Putri dan dilanjutkan dengan pembacaan visi misi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta oleh Anggara Zaki, dilanjutkan laporan ketua acara oleh Ria Marcheloni serta sambutan yang dilakukan secara luring oleh Bapak Dr. Bambang Suwerda, SST., M.Si, selaku Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. 

Adapun jajaran Direktorat dan Jajaran Dosen Jurusan Kesehatan Lingkungan turut hadir secara luring dan daring dalam kegiatan Seminar Nasional 2024 yaitu Bapak Dr. Agus Wijanarka, S.Si.T.,M.Kes selaku Wadir 2, Bapak Dr. Bambang Suwerda, SST, M.Si, selaku Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan, Rizki Amalia, SKM, M.Kes, selaku Sekretaris Jurusan Kesehatan Lingkungan, Siti Hani Istiqomah, SKM, M.Kes, selaku Ketua Program Studi Diploma Tiga Sanitasi, Dr. Naris Dyah Prasetyawati, SST., M.Si, selaku Ketua Program Studi Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan, Sarifah Syadiyah, S.Tr.KL, selaku PJ Akademik Prodi D3 Sanitasi, Drs. Adib Suyanto. M.Si, selaku PJ Laboratorium Jurusan Kesehatan Lingkungan dan Sardjito Eko Windarso, SKM., MP, selaku PJ Kepala Kelompok Dosen Jurusan Kesehatan Lingkungan. Acara ini juga dihadiri oleh delegasi Badan Legislatif Mahasiswa yaitu Hana Putri dan Nazma Syifa Nabilla, delegasi Badan Eksekutif Mahasiswa Amanda Meila Syifaniroga dan delegasi Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan yaitu Ahmad Taufiiqulhakiim dan Destiana Nur. E

Acara selanjutnya pembacaan CV Narasumber oleh moderator. Selanjutnya masuk acara inti yaitu pemaparan materi pertama oleh Narasumber Dr. Muhammad Budi Hidayat, M.Kes selama 60 menit dan pemaparan materi kedua oleh Narasumber Dr. Ir. Widodo Sambodo, M.Si selama 60 menit. Setelah pemaparan materi selesai dibuka sesi tanya jawab oleh moderator yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan notulensi. Acara yang terakhir yaitu penutupan dan pengisian evaluasi oleh peserta melalui link google form pada pukul 11.35 WIB, lalu diakhiri dengan sesi dokumentasi. 

Dengan diadakannya kegiatan Seminar Nasional diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan serta wawasan mahasiswa menganai Seminar Nasional. Selain itu, dapat meningkatkan dan menumbuhkan rasa percaya diri mahasiswa di Civitas Academica Poltekkes Kemenkes Yogykarta.