Polkesyo Raih Tiga Penghargaan dari Kemenkes dalam Peringatan HKN Ke-59 Tahun 2023



12 Nov 2023




Tahun 2023 ini, Tema peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 adalah “Melesat Maju Menuju Resiliensi Kesehatan”. Resiliensi sendiri adalah kemampuan untuk beradaptasi dan tetap teguh dalam situasi sulit (Reivich dan Shatté, 2002). Hal ini merujuk pada kondisi bangsa saat ini pasca pandemi, yang secara pasti bergerak maju di tengah situasi yang masih sulit. Pemerintah berharap melalui berbagai potensi sumber daya bangsa yang digali, dimanfaatkan untuk kepentingan nasional, akan mampu memberikan daya tahan terhadap berbagai kesulitan. Salah satu kegiatan dalam rangka peringatan HKN tahun ini adalah Pameran Inovasi dan Teknologi Kesehatan Dalam Transformasi Kesehatan. 

Pameran ini sebagai implementasi dari Transformasi Kesehatan pilar ketiga: Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan yang salah satunya memiliki tujuan dalam peningkatan ketahanan sektor farmasi dan alat kesehatan (farmalkes). Pilar ketiga ini memegang peran penting untuk mempertahankan sistem kesehatan yang baik ditengah ancaman kesehatan global. Hal ini juga mencakup pembuatan atau produksi hingga distribusi farmalkes yang lancar dan bisa diproduksi di dalam negeri.

Menteri Kesehatan, dalam sambutan pembukaan pameran menegaskan pentingnya bangsa Indonesia untuk bangga dengan berbagai tanaman obat traditional yang selama ini sudah digunakan oleh masyarakat untuk menjaga kesehatan, memperkuat daya tahan tubuh serta mengatasi berbagai penyakit. Kesempatan ini juga digunakan untuk mengenalkan Temulawak (curcuma zanthorrhiza roxb) sebagai “tanaman obat unggulan Indonesia”.

Kegiatan pameran Inovasi dan Teknologi Kesehatan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari (09 sd 11 Nopember 2023) di Jakarta Convention Centre (JCC). Berbagai penghargaan dianugerahkan oleh Kementerian Kesehatan kepada insan tenaga kesehatan dan satuan kerja yang berprestasi. Polkesyo meraih 3 (tiga) penghargaan: (1) Kepatuhan Layanan Publik Tahun 2023 dengan Kriteria Sangat Baik dan (2) penghargaan sebagai Unit Kerja/Unit Pelaksana Teknis Vertikal Badan layanan Umum (BLU) dengan Nilai Kinerja Anggaran (NKA) tertinggi ke-2. Kedua penghargaan tersebut diterima langsung oleh Direktur Polkesyo, Dr. Iswanto, S.Pd, M.Kes. Penghargaan ketiga yang diraih Polkesyo adalah Pustakawan Berinovasi Terbaik 2 yang diraih oleh Sudaryati Setyorini, A.Md. Berbagai penghargaan ini menambah panjang catatan prestasi yang ditorehkan Polkesyo selama tahun 2023. Hal ini merupakan buah dari kerja keras, kerja cerdas dan kerja iklas seluruh civitas Polkesyo. 

 

(Promosi, Humas & CDC, koleksi foto: tim Pameran HKN 2023).