PENGABDIAN MASYARAKAT PENYULUHAN DAN PEMERIKSAAN KESEHATAN GRATIS “Langkah Kecil dengan Kepedulian Besar Terhadap Gula Darah & Kolesterol Melalui Pengabdian Masyarakat”



03 Jun 2024




Himpunan Mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Kemenkes Yogyakarta telah melakukan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan di Pedukuhan Jambon, Kalurahan Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta pada Sabtu Legi, 24 Februari 2024. Pengabdian Masyarakat ini kami dedikasikan kepada masyarakat melalui penyuluhan kesehatan dengan materi Gula Darah & Kolesterol yang diawali dengan senam lansia terlebih dahulu, kami juga memberikan leaflet/pamflet berisi materi penyuluhan gula darah & kolesterol dengan didukung adanya pre-test dan kuis berhadiah bagi masyarakat yang berhasil untuk menjawab pertanyaan kuis kesehatan dari panitia.

Setelah dilakukan penyuluhan kesehatan, dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat. Kami bekerja sama dengan Klinik Pratama Poltekkes Kemenkes Yogyakarta untuk pemeriksaan kesehatan gula darah & kolesterol. Masyarakat dukuh Jambon Kalurahan Bawuran, Pleret, Bantul sangat antusias sekali dalam acara pengabdian masyarakat ini karena informasi dari bapak kepala dukuh tempat ini jarang sekali mendapatkan pemeriksaan kesehatan dikarenakan tempatnya yang lumayan sulit untuk ditempuh kendaraan, terlebih untuk kendaraan roda 4 karena akses jalan yang sempit dan menanjak. 

 

Acara ini juga dihadiri oleh Ibu Siti Nuryani S.Si,. M.Sc. selaku ketua program studi Sarjana Terapan Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan tenaga kesehatan dari Klinik Pratama Polkesyo. Juga dihadiri bapak ibu dukuh Jambon, dan Bapak Lurah Bawuran serta masyarakat yang sangat antusias.