PENARIKAN MAHASISWA KULIAH KERJA NYATA (KKN) PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN SANITASI LINGKUNGAN DI KALURAHAN NGESTIHARJO DAN TIRTONIRMOLO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA



04 Mar 2023




PENARIKAN MAHASISWA KULIAH KERJA NYATA (KKN) PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN SANITASI LINGKUNGAN DI KALURAHAN NGESTIHARJO DAN TIRTONIRMOLO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

 

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi mahasiswa semester VIII Program Studi Sarjana Terapan sanitasi lingkungan Jurusan Kesehatan lingkungan Tahun Akademik 2022/2023 telah selesai dilaksanakan. Penutupan dan penarikan mahasiswa dari lokasi sudah dilakukan oleh Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan Dr.Bambang Suwerda, SST,MSi dari dua desa di Kecamatan Kasihan, yaitu Desa Tirtonirmolo dan Desa Ngestiharjo pada Hari Jum’at 24 Februari 2023. Hadir dalam acara di Grha Nirmolo Kalurahan Tirtonirmolo adalah Lurah Tirtonirmolo Bapak H.M Marwan MS, SH, Lurah Ngestiharjo Bapak Fathoni Ariwibowo,AMd.KL, Kepala Puskesmas Kasihan II drg.Elmi Yudihapsari,MPH, Ketua Program Studi Sarjana Terapan Naris Dyah Prasetyawati, SST,MSi, Dosen pembimbing lapangan dan Bapak Ibu Dukuh di lokasi yang digunakan untuk KKN. 

Kegiatan KKN Reguler Tahun akademik ini dilakukan dengan menerjunkan sebanyak 87 peserta di 18 lokasi  industri yang berada 14 padukuhan yang merupakan wilayah kerja Puskesmas Kasihan II di Kalurahan Tirtonirmolo dan Ngestiharjo. Industri yang menjadi sasaran bervariasi, antara lain industry kuliner, industry kulit serta industry kerajinan seni. Peserta KKN menyelenggarakan kegiatan utama berupa implementasi pembelajaran sanitasi lingkungan di berbagai industry yang ada dengan mengadakan program dan kegiatan yang dapat membantu industry menyelesaikan masalah berkaitan dengan sanitasi lingkungan industry, antara lain : pengukuran kualitas lingkungan fisik, penyuluhan kepada pekerja terkait ergonomic dan penyakit akibat kerja serta pengelolaan limbah industry. Intervensi dilakukan pada pekerja dan lingkungan di sekitar lokasi industry. Kegiatan tematik yang dilakukan oleh peserta KKN dengan sasaran warga masyarakat di lokasi padukuhan, antara lain : penyuluhan sekaitan materi Kesehatan lingkungan dan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan sederhana bidang Kesehatan lingkungan (CTPS, bank sampah, pembuatan pot daur ulang, ecobrick dan lain-lain). 

 

Dalam acara tersebut diserahkan Kembali peserta KKN dari Kepala Puskesmas Kasihan II selaku penanggungjawab kegiatan di lokasi kepada institusi di Jurusan Kesehatan lingkungan disertai ucapan selamat dan terimakasih atas terselenggaranya KKN di wilayah kerja Puskesmas Kasihan II yang turut menunjang kegiatan sanitasi di Puskesmas. Semoga Kerjasama yang telah terbina dapat terus berlanjut untuk kegiatan lainnya di kemudian hari. Ketua Jurusan Kesehatan lingkungan menerima kembali peserta KKN dengan ucapan terimakasih atas kesempatan, bimbingan dan pendampingan yang telah dilakukan oleh pembimbing di lapangan dan dosen pembimbing sehingga seluruh peserta dapat menyelesaikan program kerja dengan baik dan lancar serta dapat diterima dengan respon postif oleh masyarakat di lokasi KKN.

Dalam acara ini juga dilakukan penandatangan MoU antara Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan Kalurahan Tirtonirmolo, yang diwakili oleh Lurah bapak H.M Marwan MS, SH dan Kalurahan Ngestiharjo, yang diwakili oleh Lurah bapak Fathoni Ariwibowo,AMd.KL. Dengan adanya MoU ini diharapkan kegiatan tri dharma perguruan tinggi (pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat) di kedua wilayah tersebut akan semakin meningkat dan memberikan dampak positif bagi kedua institusi yang terlibat.