MPASI B2SA Protein Hewani Ganda Clarii Mori Jerpaya : Resep MPASI untuk Generasi Emas Indonesia



16 Jul 2023




 

 

Memberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) yang tepat dan bergizi merupakan kunci penting dalam mendukung tumbuh kembang anak yang optimal, terutama untuk mencegah stunting. Inovasi MPASI B2SA Protein Hewani Ganda untuk Generasi Emas Indonesia (Clari Mori Jerpaya) hadir sebagai solusi untuk membantu para ibu dalam memberikan MPASI yang sehat, lezat, dan mudah dibuat.

MPASI B2SA Protein Hewani Ganda merupakan resep olahan MPASI yang berbasis bahan pangan lokal yang Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) yang terdiri dari nasi, ikan lele, telur ayam, tempe, wortel, daun kelor, jeruk, pepaya, air, bawang putih, bawang merah, daun salam, santan, minyak goreng. Resep ini disajikan dalam bentuk poster dan video yang informatif dan mudah dipahami. Keunggulan MPASI B2SA Protein Hewani Ganda menggunakan bahan pangan lokal yang mudah didapat dan terjangkau, mengandung protein hewani ganda dari berbagai sumber, seperti ikan, daging, dan telur, kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk tumbuh kembang anak, disajikan dengan tekstur yang sesuai dengan usia anak, dan memiliki nilai gizi yang tinggi dan seimbang.


Prestasi dan Penerapan MPASI B2SA Protein Hewani Ganda yaitu memenangkan juara pertama dalam lomba Temu Ilmiah Nasional yang diadakan oleh Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Ahli Gizi Indonesia (DPP PERSAGI). Digunakan di Laboratorium Penyelenggaraan Makanan Jurusan Gizi Polkesyo untuk media pembelajaran. Disosialisasikan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta dalam rangka gerakan makan sumber protein untuk balita dan ibu hamil resiko stunting. Digunakan dalam kegiatan peningkatan kapasitas kader posyandu balita di Bapelkes Provinsi DIY.

Manfaat MPASI B2SA Protein Hewani Ganda memudahkan ibu dalam menyiapkan MPASI yang sehat dan bergizi untuk anak, meningkatkan pengetahuan ibu tentang pentingnya MPASI yang tepat, mendorong pemberian MPASI yang bervariasi dan seimbang, dan mendukung pencegahan stunting pada anak.

Upaya Pengembangan MPASI B2SA Protein Hewani Ganda yaitu melakukan inovasi dengan bahan makanan lokal lainnya, menyusun buku resep dengan hasil inovasi pembuatan MPASI lainnya, mengunggah video inovasi di media sosial seperti IG TV, reels, TikTok, dan YouTube. MPASI B2SA Protein Hewani Ganda merupakan kontribusi nyata dalam upaya mewujudkan Generasi Emas Indonesia yang sehat dan cerdas. Mari dukung dan sebarkan informasi ini kepada para ibu agar semakin banyak anak yang mendapatkan MPASI yang tepat dan bergizi.