Kegiatan Pengabdian Masyarakat melalui Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Rumah Sakit oleh Mahasiswa Prodi Sarjana Terapan Gigi



18 Sep 2023




Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah bagian dari proses belajar mengajar serta merupakan lahan yang tepat untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah di dapat saat proses belajar mengajar di kelas. PKL di Rumah Sakit merupakan program wajib bagi anak didik Sarjana Terapan Gigi dan salah satu syarat kelulusan di lingkungan Jurusan Kesehatan Gigi, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 24 Juli hingga 16 September 2023. Peserta terdiri dari 50 mahasiswa dan terbagi menjadi 2 kloter, dengan setiap kloter berisi 25 orang. Kloter pertama pada tanggal 24 Juli - 19 Agustus dan kloter kedua pada tanggal 21 Agustus - 16 September 2023.

Selain itu, kegiatan praktek di Rumah Sakit juga merupakan wujud nyata pengabdian masyarakat dan MoU dengan pihak institusi pelayanan kesehatan di wilayah Yogyakarta. Tempat kegiatan Praktek Kerja Lapangan berlokasi di lima tempat dalam lingkup kota Yogyakarta meliputi : Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Sardjito Yogyakarta, Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU)  dr. S. Hardjolukito Yogyakarta, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati, RSUD Sleman, dan RSUD Nyi Ageng Serang. Tujuan dari kegiatan ini adalah diharapkan mahasiswa mampu menerapkan kompetensi pada pengelolaan alat, bahan, dan pasien dengan kasus spesialistik. 

 

Editor : Ika Fitri Dilianti D.