GRAND FINAL DUTA BACA POLKESYOGYA 2024



19 Oct 2024




Yogyakarta, Sabtu Wage (19 Oktober 2024) - Grand Final Duta Baca Poltekkes Kemenkes Yogyakarta 2024 telah sukses diselenggarakan di Grha Literasi Husada, Lantai 1. Acara ini mengusung tema “Readers as Leaders to Inspiring Futures and Shaping a Literate Generation”, yang bertujuan untuk membentuk generasi literat di lingkungan kampus.

Sebanyak 19 finalis dari berbagai program studi di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta ikut berpartisipasi dalam acara ini. Hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Poltekkes, Dr. Iswanto, S.Pd, M.Kes, serta beberapa duta dari Daerah Istimewa Yogyakarta, seperti Putera Puteri Keistimewaan Yogyakarta, Miss Hijab DIY, Duta Bahasa DIY, Duta Maritim, Duta Kampus, dan Duta Asrama Polkesyogya.

Proses penjurian dilakukan oleh para tokoh terkemuka, yaitu Eko Suryani, S. Pd, S. Kep, M.A, Yanuar Amin, S.ST,M.H.Kes, dan Rizqi Amanullah, SKM, MH dari Polkesyogya, Kak Yosevita dari Duta Genre Indonesia, serta Drs. Budiyono, SIP dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah D.I Yogyakarta. Grand Final ini terdiri dari tiga babak, yaitu penyampaian mosi, presentasi esai, dan sesi tanya jawab untuk enam finalis terbaik.

Berikut adalah hasil akhir Grand Final Duta Baca Poltekkes Kemenkes Yogyakarta 2024:

1.     Juara 1: Fatiyyah Tsabita Nurrahmah (D3 RMIK)

2.     Juara 2: Cornelius Ade Putra (STR TLM)

3.     Juara 3: Thundra Mahameru KP (D3 RMIK)

4.     Juara Harapan 1: Hasna Nayla Tazkiyatul Aulia (STR Kebidanan)

5.     Juara Harapan 2: Asty Maulidya Prashanti (D3 Kebidanan)

6.     Juara Favorit: Wanda Olivia Pane (STR Kebidanan)

Selain Duta Baca Mahasiswa, penghargaan juga diberikan kepada Duta Baca Dosen, yaitu Rizqi Amanullah, SKM, MH, serta Duta Baca Tenaga Pendidikan, yang diraih oleh Harsono, A.Md.

Acara ini berjalan dengan lancar dan penuh antusiasme dari para peserta maupun tamu undangan. Diharapkan, para Duta Baca yang terpilih dapat menjadi teladan literasi di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. (ai)