Debat Terbuka Serta Pemilihan dan Penetapan Calon Ketua dan Calon Wakil Ketua BLM (Badan Legislatif Mahasiswa) Periode 2022/2023



23 Sep 2022




Puncak serangakaian kegiatan Pemiket (Pemilihan Ketua) Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) ada pada acara Debat Terbuka dan Pemilihan Penetapan Kandidat Calon Ketua. Pada Senin Legi, 12 September 2022 dilaksanakan acara Debat Terbuka, sedangkan acara Pemilihan dan Penetapan Ketua dan Wakil Ketua dilaksanakan pada Rabu Pon, 14 September 2022. Pada Debat Terbuka acara tersebut dihadiri oleh Bapak Dr. Iswanto S.Pd, M. Kes selaku Wakil Direktur III, Ibu Eko Suryani, S.Pd, S.Kep, MA selaku Penanggung Jawab Mahasiswa dan Alumni, Bapak Margono, S.Pd., APP., M.Sc selaku Kepala Satuan Pengawas Internal (SPI). Pada Pemilihan dan Penetapan acara tersebut dihadiri oleh Bapak Joko Susilo, SKM. M.Kes selaku Direktur, Bapak Dr. Iswanto S.Pd, M. Kes selaku Wakil Direktur III, Ibu Eko Suryani, S.Pd, S.Kep, MA selaku Penanggung Jawab Mahasiswa dan Alumni, Bapak Margono, S.Pd., APP., M.Sc selaku Kepala Satuan Pengawas Internal (SPI) di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kedua acara tersebut turut dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing organisasi mahasiswa (ormawa), Unit kegiatan Mahasiswa (UKM) dan perwakilan kelas.

Acara Debat Terbuka dimulai pukul 13.00 WIB oleh Sdr. Zcky Fadhillah dan Sdri. Endah Wulanjani Simatupang. Pembukaan acara di isi dengan kegiatan pembacaan tata tertib dan pembacaan doa, dilanjukan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Hymne Polkesyo, Mars Polkesyo, mars WBK dan pembacaan visi misi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Acara dilanjutkan dengan laporan ketua panitia oleh saudari Reza Safitri, kemudian dilanjutkan sambutan oleh Bapak Dr. Iswanto, S. Pd., M.Kes. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa “… kegiatan Debat Terbuka Calon Ketua dan Calon Wakil Ketua BLM Poltekkes Kemenkes Yogyakarta ini juga mencerminkan sikap dan pribadi seorang calon pemimpin Badan Legislatif Mahasiswa kepada seluruh civitas, terutama dalam memajukan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Maka dibutuhkan seorang pemimpin yang dapat memimpin berjalannya Program Kerja Organisasi Mahasiswa, mengkoordinir kegiatan dengan andal dan profesional, sehingga seluruh kegiatan mahasiswa mampu berjalan dengan lancar dan sukses …”. 

Acara selanjutnya yaitu pembacaan curriculum vitae moderator oleh MC, kemudian pembacaan curriculum vitae Calon Ketua dan Calon Wakil Ketua Badan Legisatif Mahasiswa Periode 2022/2023 oleh moderator Sdri. Hertami Prananingsih. Adapun calon ketua yaitu Sdri. Hanifa Fitra Fauziyah nomor urut 1, Sdri. Sinta Insani Amalia nomor urut 2 dan Sdri. Az Zahra Nur Ainiyyah nomor urut 3. Sedangkan calon wakil ketua yaitu Sdra Aqilla Davin Afriandhani nomor urut 1, Sdri. Tiara Diva Maharani nomor urut 2, dan Sdra. Tegar Regian nomor urut 3. Pada pukul 14.30 WIB – 14.45 WIB dilaksanakan kegiatan Sesi I yakni Pemaparan dan Pendalaman Visi Misi kandidat calon ketua dan wakil ketua Badan Legislatif Mahasiswa periode 2022/2023.

Pada pukul 14.45 WIB – 15.40 WIB dilaksanakan Sesi II yakni Pertanyaan dari Jajaran. Dalam sesi ini, undangan jajaran yang haidr dipersilahkan untuk memberikan pertanyaan. Masing – masing kandidat diberikan waktu tiga menit dalam menjawab pertanyaan yang diperolehnya. Lalu, pada pukul 15. 40 WIB – 16.00 WIB dilakukan istirahat untuk sholat Ashar, kemudian pada pukul 16.00 WIB – 16.30 WIB dilanjutkan Sesi III yaitu Pertanyaan Panelis. Dalam sesi ini, kandidat calon ketua dan calon wakil ketua dipersilahkan untuk memandu pemutaran random picker yang akan menentukan nomor amplop berisi pertanyaan yang akan dijawab. Masing – masing kandidat diberikan waktu tiga menit dalam menjawab pertanyaan panelis yang diperolehnya. 

Pada pukul 16.30 – 17.00 Sesi IV yakni Pertanyaan Antar Kandidat. Dalam sesi ini, kandidat dipersilahkan untuk meberikan pertanyaan kepada kandidat lain, baik calon ketua maupun calon wakil ketua. Dan apabila kandidat sudah mendapatkan pertanyaan, maka kandidat tersebut tidak boleh ditunjuk lagi. Waktu setiap pemberian pertanyaan dan pemberian jawab yaitu tiga menit.

Pada pukul 17.00 – 17.05 WIB Sesi V yakni Clossing Statement Kandidat Calon Ketua dan Wakil Ketua Badan Legislatif Mahasiswa periode 2022/2023 dan Tim Sukses. Pada pukul 17.05 WIB – 17.15 WIB yaitu Sosialisasi E-Vote oleh Panpera pusat Dini Puspita Sari. Pada pukul 17.15 WIB – 17.20 WIB penutup yang diakhiri dengan doa dan dilakukan sesi foto bersama yang dipandu oleh MC.

Setelah terselenggara acara Debat Terbuka, dilanjutkan dengan Pemilihan Penetapan Ketua dan Wakil Ketua Badan Legislatif Mahasiswa Periode 2022/2023. Acara tersebut dimulai pada pukul 12.30 WIB dan dibuka oleh MC. Dalam acara tersebut, disampaikan hasil suara dari perwakilan ormawa, ukm, dan kelas dalam laman web E-Vote di mana hasil perolehan suara terbanyak yang menentukan siapa yang akan menjadi Ketua dan Wakil Ketua Badan Legislatif Mahasiswa Periode 2022/2023. Adapun berdasarkan hasil E-vote, diperoleh jumlah suara untuk Sdri. Hanifa Fitra Fauziyah selaku calon ketua nomor urut 1 yaitu 15 suara, Sdri. Sinta Insani Amalia selaku calon ketua nomor urut 2 yaitu 30 suara dan Sdri. Az Zahra Nur Ainiyyah selaku calon ketua nomor urut 3 yaitu 90 suara, Sdra Aqilla Davin Afriandhani selaku calon wakil ketua nomor urut 1 yaitu 86 suara, Sdri. Tiara Diva Maharani selaku calon wakil ketua nomor urut 2 yaitu 9 suara, dan Sdra. Tegar Regian selaku calon wakil ketua nomor urut 3 yaitu 40 suara. Dengan demikian, ditetapkan bahwa Ketua dan Wakil Ketua BLM periode 2022/2023 adalah Az Zahra Nur Ainiyyah dari Prodi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika dan Aqilla Davin Afriandhani dari Prodi Sarjana Terapan Keperawatan Anestesiologi.

 

Dengan terpilihnya Ketua dan Wakil Ketua BLM diharapkan dapat menjadi amanah dalam menjalankan visi misi Polkesyo, serta bisa menjalankan tugas dan fungsi sebagaimana fungsinya dengan optimal, dalam rangka berperan aktif untuk memajukan Polkesyo.