,

Webinar Go Coffee Books : “Etika Profesi dan Hukum Keperawatan”

Yogyakarta, library.poltekkesjogja.ac.id – Dalam rangka melaksanakan program strategi promosi perpustakaan POLKESYO yang diberi nama GoLib, Selasa Pahing (30/6/2020), Perpustakaan POLKESYO menyelenggarakan acara Go Coffee Books atau bedah buku.

Pada kali ketujuh ini Bedah buku dilaksanakan secara webinar dengan buku berjudul “Etika Profesi dan Hukum Keperawatan”, penulis Dra. Ni Ketut Mendri, S.Kp., Ns., M.Sc , Agus Sarwo Prayogi, S.Kep., Ns., M.H.Kes kedua penulis merupakan dosen Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan menghadirkan Panelis pembedah buku Bapak Yanuar Amin, S.ST, SH, M.H.Kes (Penggiat dan pemerhati hukum kesehatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta) , dimoderatori oleh Risqi Amanullah, S.K.M., M.H (Dosen Jurusan Gigi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta).

Acara webinar bedah buku diawali dengan Sambutan Pertama oleh Ka. Unit Perpustakaan Sapto Harmoko, SIP, M.A berharap agar bedah buku menjadi kebiasaan yang berdampak positif serta menjadi sebuah gerakan literasi di kalangan masyarakat. Semoga dengan kegiatan bedah buku ini para pembaca dapat memperoleh manfaatnya.

Sambutan Kedua dari Direktur Polkesyo, Bp, Joko Susilo, SKM,M.Kes
Kegiatan ini merupakan acara rutin dan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis bagi siapapun khususnya civitas Polkesyo. Apresiasi yang luar biasa untuk penyelenggara, di tengah pandemi ini masih bisa melaksanakan kegiatan bedah buku. Sukses dan tetap semangat juga bersyukur untuk apa yang telah diperoleh.

Penulis Buku ini membahas tentang etika profesi dan hukum keperawatan. Buku ini cocok untuk mahasiswa Diploma III, S1 ataupun S2, karena sangat cocok untuk membantu memenuhi kurikulum pembelajaran. Buku ini terdiri dari 9 bab. Buku ini bisa didapatkan di semua toko buku, penerbitnya Pustaka Baru. Dalam buku ini dilampirkan UU Keperawatan, sehingga selain pembahasan juga dapat diketahui payung hukumnya.

Dari segi fisik buku, sudah menarik apalagi ada bonus tentang UU keperawatan, jadi lebih menarik pembaca. Tahun cetakan 2018 dan sudah terdaftar ISBN nya di Perpusnas. Buku ini untuk jembatan mengajar dan praktisi. Merupakan implementasi kurikulum keperawatan yang harus diajarkan di jurusan keperawatan. Struktur penulisan perlu ada benang merahnya.

Pembahasan bagaimana kedudukan hukum keperawatan yang berhubungan dengan hukum kesehatan dalam pengambilan keputusan etik keperawatan.
Peran perawat perlu ditambahkan dalam buku ini, terus ditambahkan tentang contoh kasus dan solusinya.

Apakah subyek yang dipelajari dalam hukum kesehatan dan etika profesi? Dalam buku ini masih belum terjawab. Meski begitu buku ini luar biasa karena menjawab dan memudahkan tenaga kesehatan (perawat) dalam memahami etika profesi dan hukum kesehatan.

Sarannya : untuk memudahkan pembaca maka dalam setiap bab-nya bisa ditambahkan kesimpulan tentang isi atau inti dari bab tersebut.

Peserta webinar yang baru kali pertama diselenggarakan oleh Perpustakaan POLKESYO ditengah pandemi covid-19 ini menarik perhatian para pustakawan, pengelola perpustakaan, dosen keperawatan, mahasiswa keperawatan, total jumlah peserta webinar yang mencapai 315 peserta

Menariknya acara ini dapat dilihat dari antusiasme audience untuk bertanya, ada 3 penanya terbaik yang dipilih narasumber untuk mendapatkan doorprice buku diantaranya Dr. Atik Badi’ah, S.Pd, S.Kp, M.Kes, Muhammad Ramadhan Faturrochman, Rizal Andrianto Nugroho dan hadiah dapat diambil di perpustakaan POLKESYO.

Acara Webinar bedah buku sesi 7 ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat umum, akademisi, tenaga kesehatan dan mahasiswa untuk menambah wawasan mengenai isi dadi sebuah buku.

E sertifikat dapat didownload di https://serpo.poltekkesjogja.ac.id,
Sedangkan video rekaman webinar bedah buku dapat dilihat pada channel Youtube Polkesyo Official pada link https://bit.ly/VID-BEDAHBUKU7.