VISITASI LOMBA PERPUSTAKAAN BERINOVASI DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN KESEHATAN RI

Perpustakaan adalah jantung dari pendidikan, karena dari perpustakaan segala macam ilmu dapat diperoleh. Namun keberadaan perpustakaan sering diabaikan oleh civitas akademika, karena berbagai hal salah satunya rasa malas untuk datang ke perpustakaan. Oleh sebab itu saat ini dibutuhkan strategi pelayanan agar pemustaka mau dan mau lagi untuk berkunjung ke perpustakaan. Pustakawan perlu belajar dan mempunyai ide yang kreatif untuk menarik minat berkunjung ke perpustakaan. Perpustakaan Terpadu Polkesyo patut berbangga karena masuk dalam  10 nominasi Lomba Perpustakaan Berinovasi Tahun 2018 yang diadakan oleh Kementerian Kesehatan RI.

Rabu Legi, 3 Oktober 2018, Perpustakaan Terpadu Polkesyo mendapatkan kunjungan visitasi dari panitia Lomba Perpustakaan Berinovasi Kementerian Kesehatan. Tim juri lomba perpustakaan berinovasi yang terdiri dari  Ir. Abdul Rahman Saleh, M.Sc dan Blasius Sudarsono, MLS beserta panitia lomba tiba di Polkesyo, 3 Oktober 2018 diterima langsung oleh Direktur Polkesyo Bapak Joko Susilo, SKM,M.Kes, Wakil Direktur I Ibu Heni Puji W, S.SiT, M.Keb, Wakil Direktur III Dr. Iswanto, S.Pd, M.Kes, para ketua jurusan di lingkungan Polkesyo dan tim pustakawan Polkesyo bertempat di ruang pertemuan Garuda II.

Acara diilanjutkan dengan Pembukaan Visitasi Lomba Perpustakaan Berinovasi di Lingkungan Kementerian Kesehatan.  Acara dibuka dengan doa, sambutan dari Direktur Polkesyo Bp. Joko Susilo, SKM,M.Kes, sambutan dari panitia oleh Ibu Suryani, S.Ikom, paparan makalah inovasi perpustakaan yang berjudul Go Library (GoLib) Strategi Promosi di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta oleh Kepala Unit Perpustakaan Sapto Harmoko, SIP, serta evaluasi paparan  dari tim Juri. Selanjutnya juri didampingi oleh Wakil Direktur III Polkesyo dan  tim pustakawan  menuju lokasi penilaian diantaranya adalah pojok baca di front office, masjid, asrama, klinik dan desa binaan.

Kegiatan Lomba Perpustakaan Berinovasi ini dimaksudkan untuk memberikan apresiasi dan motivasi pada pustakawan  dalam melakukan terobosan untuk mewujudkan pengembangan perpustakaan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Setelah kunjungan lapangan dilanjutkan dengan ishoma dan dialog ilmiah pustakawan Polkesyo bersama juri tentang Indikator Kinerja Perpustakaan Menurut  ISO 11620 : 2008 oleh Bp. Ir. Abdul Rahman Saleh, M.Sc dan Filsafat Kepustakawanan oleh Bp. Blasius Sudarsono, MLS. (rin)

*****

Mungkin Anda juga menyukai