,

Visitasi Lapangan PUI-NOVAKESMAS POLKESYO oleh Badan PPSDM Kesehatan

This slideshow requires JavaScript.

Kementerian Kesehatan dalam mengatasi masalah kesehatan sudah melaksanakan beberapa program, diantaranya melalui peningkatan upaya kesehatan, pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan, aksesibilitas serta mutu sediaan farmasi dan alat kesehatan, peningkatan sumber daya kesehatan, pembiayaan kesehatan, perbaikan manajemen, regulasi dan Sistem Informasi Kesehatan serta program penelitian dan pengembangan kesehatan.

Program penelitian dan pengembangan kesehatan menjadi salah satu program unggulan yang diharapkan oleh Kementerian Kesehatan mampu memberi arah bagi kebijakan penanggulangan masalah kesehatan yang muncul dan berkembang dinamis di masyarakat. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta sebagai salah satu UPT Badan PPSDM Kemenkes mengambil peran dalam program penelitian dan pengembangan untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut dengan membentuk Pusat Unggulan Iptek (PUI).

Peraturan Menteri Kesehatan nomor 38 tahun 2018 menyatakan Polkesyo sebagai salah satu Poltekkes yang memiliki prestasi dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kinerja di bidang Tri Dharma menempatkan Polkesyo sebagai Poltekkes Kelas I dan Klaster peringkat I di antara 38 Poltekkes di Indonesia dengan kriteria unggul pada bidang SDM, manajemen, kinerja mahasiswa dan kinerja dosen. 5 Keunggulan kinerja di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat diwujudkan dengan setiap tahunnya tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan mahasiswa di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta aktif melaksanakan kegiatan penelitian dengan skema yang telah ditetapkan; produk-produk inovasi teknologi hasil dari penelitian dosen dan mahasiswa telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, industri dan instansi pemerintahan; produk inovatif tersebut menjadi ajang prestasi bagi dosen dan mahasiswa sampai di tingkat nasional dan juga telah bersertifikat HKI. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka Pusat Unggulan Iptek (PUI) Poltekkes Kemenkes Yogyakarta mengusung tema Inovasi Teknologi Terapan Bidang Kesehatan Masyarakat sebagai pusat pengembangan penelitian inovasi teknologi terapan kesehatan masyarakat yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat, industri dan instansi pemerintahan dalam rangka mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

Peneliti di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta telah banyak menghasilkan penelitian inovasi teknologi dengan produk-produk inovatif yang belum seluruhnya dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat, industri dan pemerintah. Oleh karena itu Polkesyo perlu mengusulkan pengembangan dan optimalisasi Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang dimiliki sebagai Pusat Unggulan IPTEK dengan tema Inovasi Teknologi Terapan Bidang Kesehatan Masyarakat, sehingga diberi nama PUI-NOVAKESMAS.

Sebagai tindak lanjut dari usulan pengembangan PUI-NOKESMAS di POLKESYO, pada Kamis s.d. Jumat, 25 s.d. 26 Oktober 2019, dilakukan visitasi lapangan oleh  tim dari ITB Dan BPPSDM Kesehatan. Visitasi lapangan ini adalah kelanjutan dari proses pengembangan PUI-NOVAKESMAS POLKESYO yang sebelumnya sudah disusun pengajuan pengembangan PUI oleh seluruh Poltekkes dan POLKESYO mendapat peringkat I. Hadir pada penilaian lapangan ini DR. Triati Dewi Kencana Wungu dari ITB, Yuyun Widyaningsih, S.Kp, MKM dari Pusdik PPSDM Kesehatan, dan Drg. Winny Nindyarani, MM dari Pudik PPSDM Kesehatan.

*****