Syawalan dan Halalbihalal Keluarga Besar Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

Senin Kliwon, 9 Mei 2022, hari pertama setelah pekan libur lebaran, POLKESYO menyelenggarakan acara Syawalan dan Halal BiHalal Keluarga Besar Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Acara syawalan diselenggarakan di Auditorium Grha Bina Husada POLKESYO dan diikuti oleh seluruh civitas akademika, yang terdiri dari dosen, karyawan dan perwakilan dari mahasiswa.

Rangkaian syawalan dimulai pukul 07.30 WIB dengan diawali pembukaan oleh pembawa acara,  dilanjutkan sambutan ketua Panitia yang disampaikan oleh Wakil Direktur III, Dr. Iswanto, S.Pd, M.Kes. Wakil Direktur III menyampaikan bahwa Syawalan dan Halal Bihalal ini merupakan rangkaian dari kegiatan Ramadhan di Kampus (RDKP) Masjid Kampus Al-Mubarak Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Sebagai bagian dari rangkaian acara syawalan, dibacakan pula ikrar syawalan yang diwakili oleh tenaga pendidik di POLKESYO, Arif Rismawan, S.Kom dan dilanjutkan penerimaan pembacaan ikrar syawalan oleh Direktur POLKESYO, Joko Susilo, SKM, M.Kes. Direktur POLKESYO menyampaikan bahwa maaf-memaafkan tidak hanya pada bulan Syawal saja, tetapi juga di bulan lainnya. Tapi Syawal tentu saja momen yang baik untuk saling memaafkan, setelah civitas akademika khususnya bagi yang beragama islam, menjalakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan.

Kegiatan syawalan dan halal bihalal ini kemudian dipuncaki dengan Tausyiah Hikmah Syawalan yang disampaikan oleh Ustadz Adi Abdilah, S.IP, ustadz kelahiran Lampung Selatan yang juga merupakan pengusaha, perintis dan pengasuh Pondok Putri Nuruz Zahro di Purwomartani dan Pondok Putra Al Jalil di Tambak Rejo Jl. Gito Gati Sleman. Salah satu hal yang disampaikan oleh Ustadz Adi Abdilah, S.IP adalah adab kita terhadap orang tua dan juga keluarga. Bagaimana adab itu penting dan kita wajib mengikuti apa yang sudah contohkan oleh Rasulullah Muhammad, S.A.W. Acara syawalan diakhiri dengan doa penutup dan acara maaf-memaafkan antar civitas akademika dan juga pengelola.