Seminar Nasional Kesehatan Himpunan Mahasiswa Jurusan Keperawatan Gigi Tahun 2019

Himpunan mahasiswa jurusan keperawatan gigi melaksanakan kegiatan Serminar Nasional Kesehatan yang berjudul “Tugas dan Peran Perawat Gigi Guna Meningkatkan Derajat Kesehatan Gigi Untuk Mencegah Kelainan Gigi Akibat Stunting Pada Ibu dan Anak” pada Sabtu, 06 Juli 2019 bertempat di Asri Medical Center Hall Yogyakarta. Kegiatan diikuti 103 peserta (Mahasiswa Jurusan Keperawatan Gigi sejumlah 68 orang, Tenaga Perawat Gigi sejumlah 32 orang, dan Peserta Umum sejumlah 3 orang).

Registrasi dimulai pukul 07.15 WIB dengan pembagian seminar kit dan snack. Kemudian peserta disambut dengan hiburan tari yang ditampilkan oleh anggota  UKM Tari Poltekkes Yogyakarta. Selanjutnya acara dilanjutkan oleh MC yang membacakan susunan acaran seminar. Acara dibuka oleh MC dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu  Indonesia Raya, Mars PTGMI, Mars Poltekkes Yogyakarta, dan Hymne Poltekkes Yogyakarta. Laporan ketua panitia disampaikan oleh Chicy Cahyaningsih dilanjutkan sambutan dari  Wakil Direktur III (Wadir III)  Poltekkes Kemenkes  Yogyakarta sekaligus dilakukan pemotongan pita sebagai tanda acara dimulai secara simbolis.

Penyampaian materi dipandu oleh moderator Sekar Arum Kusuma Aswien Putri, sementara materi disampaikan oleh Dr. Tri Siswati, SKM, M.Kes mengenai “Pengertian Stunting Secara Umum Serta Penyebab dan Pencegahannya” dilanjutkan tanya jawab. Seusai penyampaian materi pertama selesai dilanjutkan penyampaian materi kedua oleh drg. Sri Utami, Sp.KGA mengenai “Pengaruh Stunting pada Ibu Hamil terhadap Pertumbuhan Gigi pada Anak” dilanjutkan tanya jawab. Setelah materi dilanjutkan dengan makan siang diiringi hiburan musik tradisional dari Bambu Ria Poltekkes Yogyakarta dan pembagian doorprize.

Selesai ishoma, materi dilanjutkan pada penyampaian materi ketiga yang disampaikan oleh Bangun Chrismiarti, SST mengenai “Tugas dan Peran Perawat Gigi dalam mencegah terjadinya penyakit gigi akibat stunting” dilanjutkan tanya jawab. Setelah materi ketiga selesai, kegiatan memasuki acara penutup dengan dilakukan pemberian kenang-kenangan kepada moderator dan narasumber. Acara selesai pada pukul 14.00 WIB.

*****