Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Selenggarakan The 6th International Conference Health Science 2019

Yogyakarta, 30 Agustus 2019

Poltekkes Kemenkes Yogyakarta kembali menggelar Annual International Conference. Persatuan Bangsa-Bangsa merumuskan Sustainable Development Goals (SDGs)  dengan strategi melalui sejumlah pendekatan yang dipandang perlu memperhatikan bahwa suatu bangsa adalah warga yang harus berperan aktif meningkatkan capaian pembangunannya bagi kepentingan global yang lebih luas. Strategi kedua pada  tujuan pertama SDGs adalah meningkatkan ketersediaan penyediaan pelayanan dasar yang disertai dengan peningkatan kualitas pelayanannya dan jangkauannya bagi masyarakat miskin dan rentan berupa pelayanan administrasi kependudukan, pelayanan kesehatan, pendidikan, perlindunga sosial dan infrastruktur dasar dengan indikator jumlah korban bencana alam yang meninggal dunia dan kerugian akibat bencana alam dalam rupiah.

Dalam hal ini Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Yogyakarta sebagai kampus siaga bencana bekerja sama dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi kembali menggelar Annual International Conference dalam rangka meningkatkan  pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Salah satu strateginya seperti yang sudah dijelaskan adalah meningkatkan ketersediaan penyediaan pelayanan dasar yang disertai dengan peningkatan kualitas pelayanannya dan jangkauannya bagi masyarakat miskin dan rentan. Atas dasar tersebut maka Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta akan menyelenggarakan The 6th International Conference of Health Science 2019 dengan tema : “The Role of Health Profession on Disaster Management” sesuai dengan kondisi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kegiatan ini akan diselenggarakan pada hari Sabtu-Minggu, 12-13 Oktober 2019 di Hotel Royal Ambarukmo Yogyakarta dimana akan menghadirkan speaker antara lain : Dr. Eko Yulianto dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Prof. Hiroshi Yasuda Ph. D dari Madicine Hirosima University, Prof. Maria Isabellita C. Rogado, RN., MAN dari Arellano University Philippine, Assoc. Prof. Dr. Sauwakon dari Mahidol University Thailand, Prof.Dr. Jenny Sunariani, drg., MS., AIFM., PBO dari Universitas Airlangga, Prof. Dr. Lucky Herawati., M.Sc dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarya, dan Sri Sukotjo dari UNICEF Indonesia.

Sasaran kepesertaan dalam kegiatan ini adalah peneliti, dosen, dan mahasiswa dari luar negeri, seluruh mahasiswa dan dosen pada instansi Pendidikan Tinggi Kesehatan Negeri dan Swasta di Indonesia, seluruh komponen Civitas Akademika serta alumni Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan UPT dibawah Kemenkes RI, tenaga kesehatan pada RS, Dinas Kesehatan beserta Unit Pelaksana Teknis dan SKPD, Peneliti dan praktisi di BNPB, BPBD, BPPTKG, serta BMKG.

Adapun manfaat diselenggarakannya ICHS 2019 ini diharapkan peserta seminar dapat memahami tentang pengelolaan bencana alam pada era SDGs, adanya kesepakatan kerja sama antara Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan Mahidol University, mengingkatkan jumlah publikasi dosen Poltekkes Kemenkes Yogyakarta khususnya dan dosen peserta International Conference bertaraf International, meningkatkan jumlah narasumber dosen Poltekkes Kemenkes Yogyakarta bertaraf International, dan diharapkan mampu meningkatkan akreditasi program studi dan institusi.