, ,

Poltekes Kemenkes Yogyakarta Selenggarakan “Workshop Pendampingan dan Percepatan Akreditasi Jurnal Ilmiah Elektronik” di Eastparc Hotel

Yogyakarta, 05 Oktober 2019

 Telah berlangsung Workshop Pendampingan dan Percepatan Akreditasi Jurnal Ilmiah Elektronik oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia bekerja sama dengan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta sebagai co-host. Acara yang berlangsung di Eastparc Hotel Yogyakarta pada 30 September-1 Oktober 2019 diikuti sebanyak 25 peserta dari 15 institusi. Institusi yang hadir sebagai peserta dalam workshop ini antara lain; PPNI Jawa Tengah, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Muhammadiyah Semarang, Universitas Gajah Mada, Universitas Proklamasi 45, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Akademi Farmasi Indonesia Yogyakarta, Institute of Advanced Engineering and Science, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Akademi Tekni Radiodiagnostik & Radioterapi, Universitas Setia Budi, Poltekkes Permata Indonesia, Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya, STIE SBI, dan Stikes Wira Husada.

Bantuan Pendampingan dan Percepatan Penilaian Akreditasi Jurnal bagi Pengelola Jurnal Bidang Keperawatan ditujukan untuk mendorong penerbit jurnal ilmiah perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dan jurnal ilmiah yang diterbitkan di lingkungan Badan Litbang kementerian-kementerian, maupun asosiasi profesi dapat segera terakreditasi nasional berdasarkan Pedoman Akreditasi Jurnal Nasional tahun 2019. Program ini juga bertujuan memetakan peringkat akreditasi jurnal dan terus didorong untuk peningkatan jurnal ilmiah bidang keperawatan.

Penentuan jurnal yang sudah memenuhi syarat akreditasi, mencakup: sudah terbit dua tahun berturutan, terbit secara elektronik, dan sudah memiliki ISSN elektronik. Pelaksanaan Pendampingan dan evaluasi kesiapan menuju akreditasi jurnal meliputi aspek manajemen jurnal dan kualitas artikel sehingga dapat mengotipmalkan nilai dan peringkat akreditasi serta meminimalisasi kegagalan akreditasi jurnal yang dilaksanakan oleh pakar/asesor akreditasi yang ditentukan oleh Kemenristekdikti. Pelaksanaan Penilaian akreditasi jurnal dilakukan oleh asessor yang telah bersertifikat dan ditentukan oleh pihak Kemenristekdikti.

Kegiatan workshop ini menghadirkan asesor antara lain Sri Padma Sari , S.Kep., Ns dari Universitas Diponegoro Semarang, Prof.Istadi dari Universitas Diponegoro Semarang, Much. Fuad Saifuddin, S.Pd., M.Pd dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, dan Dr. Danner Sagala dari Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini berjalan dengan lancar. Pada hari pertama acara diisi dengan pembukaan langsung Joko Susilo SKM, M.Kes selaku Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan dilanjutkan dengan pengantar dari Dr. Lukman, ST., M.Hum kepala Sub Direktorat Fasilitasi Jurnal Ilmiah serta materi-materi terkait dari para asesor. Pada hari kedua acara diisi dengan bedah jurnal & penilaian akreditasi jurnal yang dilakukan oleh asesor manajemen dan asesor substansi. Harapannya kegiatan ini mampu menunjang peringkat akreditasi jurnal dan peningkatan jurnal ilmiah keperawatan.

*****