,

Polkesyo Gelar Webinar bertajuk Menuju New Normal melalui Pengendalian Gejala COVID-19, Antusiasme Tinggi dari Peserta Dalam dan Luar Negeri

Dalam rangka pelaksanaan Parade Webinar Polkesyo, PUI Novakesmas bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta menyelenggarakan webinar bertajuk “Menuju New Normal melalui Pengendalian Gejala COVID-19”, yang diselenggarakan pada Kamis, 4 Juni 2020 secara live daring melalui tiga platform meliputi Zoom, Google Meet, dan Youtube. Webinar ini bertujuan untuk menambahan academic excellent dan sebagai diseminasi awal hasil international joint research yang dilakukan oleh Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta (Indonesia) bersama delapan negara lain.

Acara ini dimulai dengan Laporan Direktur Politeknik Kesehatan Yogyakarta, Bapak Joko Susilo S. KM., M. Kes, dilanjutkan pemberian arahan dan sambutan serta pembukaan webinar secara resmi oleh Kepala Badan PPSDM Kesehatan Kemenkes RI, Prof. dr. H. Abdul Kadir, PhD., Sp. THT-KL (K)., MARS. Dalam sambutan beliau menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi kegiatan webinar ilmiah ini, karena kegiatan ini dilaksanakan oleh PUI Novakesmas bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta yang tidak dapat terpisahkan dari joint international research dengan beberapa negara yang sampai saat ini kegiatannya masih berlangsung.

Webinar ini dilaksanakan secara panel dengan dimoderatori oleh Ida Mardalena, Ns. S.Kep. M.Si. Terdapat empat topik yang disampaikan oleh empat narasumber pada sesi penyajian materi. Adapun narasumber dalam webinar ini adalah Prof. Dr. Lucky Herawati, SKM, M.Sc dari PUI Novakesmas Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta yang menyampaikan materi Faktor Dominan Pengendalian Gejala COVID-19 (Original Riset). Dilanjutkan dengan materi yang kedua, Pentingnya Perilaku CTPS dalam Mengendalikan Terjadinya Gejala COVID-19: Mekanisme dan Frekuensi Idealnya, yang disampaikan oleh Dr. Heru Subaris Kasjono, SKM, M.Kes, dari DPD HAKLI D I Yogyakarta. Materi Kondisi Kejiwaan Kaitannya dengan Gejala COVID-19: Mekanisme dan Cara Mengatasinya disampaikan oleh DR. Jenita Doli Tine Donsu, SKM, M.Si dari Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta. Materi terakhir, Peran Gizi dalam Peningkatan Daya Tahan Tubuh untuk Mengendalikan Gejala COVID-19, disampaikan oleh Dr. Agus Wijanarka, S.SiT, M.Kes dari DPD PERSAGI D I Yogyakarta. Webinar dilanjutkan dengan sesi diskusi untuk menjawab beberapa pertanyaan yang masuk dari peserta kepada panitia.

Peserta yang mengikuti webinar ilmiah ini sebanyak 5.713 peserta yang berasal dari 920 instansi baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Antusiasme peserta atas pelaksanaan webinar ilmiah ini tinggi, terbukti dengan jumlah peserta yang besar dengan cakupan coverage institusi asal peserta yang luas dan tersebar. Atensi peserta dalam mengikuti webinar ilmiah ini juga tinggi terbukti dengan 930 peserta bergabung pada platform Zoom dan 250 peserta bergabung pada platform Google Meet, serta 3.793 peserta yang bergabung pada platform Youtube hingga akhir sesi webinar. Diharapkan webinar ini dapat membawa manfaat baik bagi semua pihak. Webinar selanjutnya dalam rangkaian Parade Webinar Polkesyo akan segera hadir.

Gambar 1. Laporan Kegiatan Webinar oleh Direktur Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta

Gambar 2. Direktur bersama Narasumber dan PanitiaWebinar Polkesyo

Gambar 3. Pemaparan materi oleh Prof. Dr. Lucky Herawati, SKM, M.Sc

Gambar 4. Peserta Webinar bergabung dalam Platform Webinar

Gambar 5. Foto Bersama Para Narasumber dan Panitia Webinar dengan tetap jaga jarak

Gambar 6. Agenda Webinar Polkesyo

Gambar 7. Flier Webinar Polkesyo