Pendidikan dan Pelatihan Dasar Korps Sukarela UKM KSR PMI Unit Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Tahun 2017

Pendidikan dan Pelatihan Dasar Korps Sukarela adalah kegiatan wajib yang harus diikuti oleh calon anggota UKM KSR PMI Unit Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Dalam kegiatan ini calon anggota akan menerima materi kepalangmerahan selama 120 jam. Materi yang berupa teori dan praktek tersebut menjadi bekal untuk calon anggota dalam melaksanakan tugasnya sebagai relawan. Serangkaian Diklat ini berlangsung setiap hari Sabtu dan Minggu, 16 September-29 Oktober 2017.

Sabtu, 16 September 2017 dilaksanakan Upacara Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Korp Sukarela UKM KSR PMI Unit Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kegiatan ini bertempat di Auditorium Graha Bina Husada, dimulai pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB. Dalam kegiatan ini hadir 42 peserta sebagai calon anggota. Kegiatan ini dibuka oleh Pembina UKM KSR, yaitu Bapak Abdul Hadi Kadarusno, SKM, MPH.

Kegiatan selanjutnya adalah Bina Suasana, Bina Suasana adalah kegiatan yang bertujuan untuk membentuk keakraban dan kekompakan antar anggota. Dalam kegiatan ini calon anggota dipandu oleh panitia untuk menentukan ketua angkatan dan membuat yel-yel angkatan. Semua calon anggota sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Siang harinya calon anggota berangkat menuju Markas PMI Kabupaten Sleman untuk mengikuti Orientasi Medan. Para calon anggota dibagi menjadi beberapa kelompok. Setelah itu, masing-masing kelompok diberangkatkan menuju Bumi Perkemahan Ngemplak Caban. Para calon anggota harus berjalan sesuai rute di peta dan melewati beberapa pos bayangan. Perjalanan dari Markas menuju buper dimulai pukul 19.30 WIB hingga 02.00 WIB. Sesampainya di Bumi Perkemahan Ngemplak Caban, para calon anggota berkumpul di lapangan untuk mengikuti bina mental. Bina mental bertujuan untuk mempersiapkan metal para calon anggota sebelum menjadi relawan.

Pagi hari setelah Orientasi Medan, Minggu, 17 September 2017 semua calon anggota mengikuti Upacara Perayaan HUT PMI ke-72. Upacara ini berlangsung dengan khidmat. Pembina dalam upacara ini adalah Bapak Sudirman, Ketua PMI Kabupaten Sleman.

Memasuki minggu ke-2, dilaksanakan diklat harian. Diklat harian ini berlangsung dari Sabtu, 23 September hingga Minggu, 22 Oktober 2017. Kegiatan ini diadakan di Auditorium Graha Bina Husada dan kampus pusat. Dalam kegiatan ini dipaparkan 120 jam materi kepalangmerahan. Adapun pemateri berasal dari dosen Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, PMI Kab. Sleman, PMI Kota Yogyakarta, dan PMI DIY. Para calon anggota antusias mengikuti diklat harian ini. Mereka bukan hanya menerima teori tetapi juga diajarkan untuk praktek.

Setelah mengikuti diklat harian, pada Sabtu-Minggu, 28-29 Oktober 2017, para calon anggota mengikuti Gladi Medan. Kegiatan ini bertempat di Bumi Perkemahan Lembah Merapi dan sekitarnya. Gladi Medan dimulai pukul 20.15 WIB hingga 02.45 WIB. Calon anggota dibagi menjadi 10 kelompok untuk melakukan perjalanan malam mengikuti rute yang telah ditentukan. Calon anggota juga harus melewati pos-pos yang telah ditentukan disepanjang perjalanan untuk menerima materi.

Setelah mengikuti Gladi Medan, calon anggota dilantik menjadi anggota KSR PMI Unit Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Upacara Pelantikan sekaligus penutupan ini berlangsung pada Sabtu, 29 Oktober 2017 di Bumi Perkemahan Lembah Merapi. Dalam pelantikan ini, Ketua PMI Kab. Sleman, Bapak Sudirman dan Pembina UKM KSR, Bapak Surantana, APP, M.Kep, melantik 38 anggota baru yang telah berhasil melewati serangkaian DIKLAT selama 7 minggu. Suasana haru menyelimuti semua yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Mungkin Anda juga menyukai