Pemilihan Duta Baca Perpustakaan Polkesyo Tahun 2019

Dalam rangka meningkatkan budaya baca di kalangan mahasiswa dengan memanfaatkan pelayanan perpustakaan sekaligus mengajak mahasiswa untuk mempromosikan perpustakaan, Perpustakaan Polkesyo menggelar Pemilihan Duta Baca Perpustakaan 2019. Pemilihan Duta Baca Perpustakaan Polkesyo telah memasuki tahun ketiga. Gelar Pemilihan Duta Baca 2019 merupakan sebuah tanggungjawab yang besar untuk mempromosikan serta mengkampanyekan nilai positif Perpustakaan Polkesyo.

Semua peserta yang mendaftar wajib mengikuti proses seleksi yang telah dijadwalkan oleh panitia. Pada tahun ini ada 24 mahasiswa dari enam jurusan yang ada di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang mendaftar dalam pemilihan duta baca. Tema pemilihan duta baca perpustakaan tahun ini adalah Perpustakaan Milenial. Peserta pemilihan dutabaca perpustakaan diwajibkan mengikuti semua tahapan yaitu tes tertulis, tes wawancara, tes presentasi, dan tes public speaking yang dilaksanakan pada hari Sabtu – Minggu,  30 – 31 Maret 2019 pukul 09.00 – 15.00 WIB di Ruang Sanitasi Jurusan Kesehatan Lingkungan, Ruang Dorotea Jurusan Keperawatan dan Aula Asrama I Polkesyo.

Puncak Pemilihan Duta Baca 2019 digelar pada hari Selasa, 2 April 2019 pukul 09.00 – 12.00 WIB di Lobby Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Pada puncak acara ini dihadiri oleh Direktur Polkesyo, Wakil Direktur 1, 2 dan 3, Ketua Jurusan, Ketua Prodi, Ketua BEM, Ketua HMJ, dan Pustakawan di lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta serta para tamu undangan lainnya.

Terpilih sebagai 5 besar Duta Baca Perpustakaan 2019 adalah Anita Ayu Rustyaningtyas (JKG), Salma Alfitra Noorkholidya (Gizi), Herlina Dyah Utami (JKL), Erlin Nawang Kusumaratih (Kebidanan), dan Jonif Bayu Wicaksono (JKL). Kelima besar calon duta baca ini harus mengikuti final judgement di depan dewan juri yang terdiri dari Drs. Budiyono, SIP ( Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah DIY), Yanuar Amin, SST, SH, MH.Kes (Kasubag Kemahasiswaan Polkesyo) dan Chusnullita Intan Prawesti (Diajeng Bantul) untuk mencari siapa yang akan menjadi pemenangnya.

Penampilan dari Hani dan Agus mahasiswa Polkesyo yang mempersembahkan lagu untuk  selingan hiburan sambil menunggu para juri bersidang. Hasil lengkap Pemilihan Duta Baca Perpustakaan Polkesyo 2019 adalah  sebagai berikut :

Juara 1                      :  Jonif Bayu Wicaksono (DIV-Kesehatan Lingkungan)

Juara 2                      :  Erlin Nawang Kusumaratih (ST – Kebidanan)

Juara 3                      :  Herlina Dyah Utami  (DIII – Kesehatan Lingkungan)

Juara Harapan 1      :   Salma Alfitra Noorkholidya (DIII – Gizi)

Juara Harapan 2      :   Anita Ayu Rustyaningtyas (DIV – Keperawatan Gigi)

Juara Favorit             :   Novita Endah R ( DIV – Keperawatan Gigi)

Juara Favorit yang dinilai dari banyaknya like di Instagram @dutabacapolkesyo. Para pemenang mendapatkan trophy, bantuan beasiswa, dan hadiah sponsor.

Duta Baca terpilih akan mengemban tugas selama 1 tahun ke depan sebagai promotor untuk menarik minat baca mahasiswa Polkesyo. Peran Duta Baca diharapkan bisa membantu mengajak mahasiswa Polkesyo dan masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan dan memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan.

Duta baca tak serta merta menjadi tumpuan dalam gerakan budaya baca, tetapi diri kita sendirilah yang harus mempunyai kesadaran dan niat dalam kemajuan minat baca. Kesadaran terhadap minat baca harus dipupuk dari diri sendiri jadikanlah budaya baca sebagai landasan untuk kemajuan bersama di era milenial ini. (Rn)