(WEBINAR SERIES: I)PELATIHAN SWAB NASOPHARING DAN OROPHARING PADA PASIEN TERDUGA COVID-19 UNTUK AHLI TEKNIK LABORATORIUM MEDIS (ATLM)

This slideshow requires JavaScript.

Dalam rangka mendukung upaya percepatan penemuan pasien positif COVID-19 dan penanggulangan penyebaran virus yang lebih masif, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta telah menyelenggarakan pelatihan pengambilan swab nasopharing dan oropharing untuk tenaga ahli teknik laboratorium medis (ATLM) di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali pengetahuan dan pengalaman praktik kepada ATLM dalam persiapan, pengambilan swab nasopharing dan oropharing, serta pengiriman sampel sesuai protokol penanganan sampel COVID-19.

Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 14-15 April 2020 di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta (Polkesyo) dan diikuti oleh enam puluh sembilan ATLM dari Rumah sakit rujukan COVID-19 dan BBTKLPP Yogyakarta. Pelatihan ini terselenggara atas kerjasama Polkesyo dengan Dinas Kesehatan Propinsi DIY, DPW PATELKI Yogyakarta, Perhimpunan Dokter Spesialis THT/PERHATI-KL wil DIY-Jateng selatan, dan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta.

Pelatihan ini mendapat apresiasi positif dari Ka.Badan PPSDM Kesehatan  Kemenkes RI. Pada  acara pembukaan yang dilaksanakan secara daring Prof. Abdul Kadir selaku KaBadanPPSDM mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bagus dan penting dalam situasi pandemi COVID-19 sebagai upaya percepatan penemuan kasus sehingga penyebarannya dapat dikendalikan. Bapak Ka.Badan berharap kegiatan ini dapat menjadi pionir dan diikuti oleh Poltekkes Poltekkes lainnya.Demikian pula Kadinkes Propinsi DIY menyatakan kegembiraannya atas terselenggaranya pelatihan ini, dan berharap pelatihan serupa dapat diperluas bagi ATLM di pusat layanan kesehatan masyarakat lainnya (Puskesmas atau Klinik Kesehatan).

Semoga Pandemi COVID -19 ini dapat segera berakhir. Tetap semangat. Tetap lakukan social distancing/physical distancing, gunakan masker, dan cuci tangan dengan sabun atau handsanitazer. Tetap tinggal di rumah.

#Dirumahaja

#Jagajarak

#CuciTanganPakaiSabun

#GunakanMasker:maskermumeindungiku-maskerkumelindungimu

Materi pelatihan dapat diunduh pada tautan https://bit.ly/MateriPelatihanSwab