, ,

Pelatihan Kegawatdaruratan (KGD) BEM POLKESYO bersama PUSDIKLAT PMI DIY

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Poltekkes Kemenkes Yogyakarta mengadakan Pelatihan Kegawatdaruratan (KGD) bersama PUSDIKLAT PMI DIY yang dilaksanakan selama 2 hari pada Sabtu Pon 5 Oktober 2019 dan Minggu Wage 6 Oktober 2019.

Pelatihan Kegawatdaruratan ini memiliki tagline Kill Fire Before It Kills You dan bertema tentang kebakaran. Jumlah peserta Pelatihan Kegawatdaruratan lebih dari 300 orang dan peserta tidak hanya dari internal kampus Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, dari eksternal kampus pun juga ada yang mengikuti pelatihan Kegawatdaruratan.

Hari pertama Pelatihan KGD, Sabtu Pon 5 Oktober 2019 diisi oleh 5 Pemateri. Materi pertama ada Kampus Siaga Bencana dan Manajemen Posko, selanjutnya ada Pengantar PP, Triage, dan Penilaian, lalu ada Pengantar BHD dan RJP, selanjutnya ada Bidai dan Evakuasi dan materi terakhir adalah Pengantar Damkar dan Penggunaan APAR Sederhana.

Dilanjut hari terakhir, hari Minggu Wage 6 Oktober 2019 dilaksanakan Skill Action untuk mengaplikasikan materi yang kemarin dipelajari. Terdapat 4 Stase ( Triage, Balut Bidai, RSL, Evakuasi),  setiap stase diberikan waktu selama 30 menit. Setelah itu baru peserta melakukan simulasi yang sebenarnya dimulai dengan adanya asap di dalam gedung dan suara alarm kebakaran menandakan bahwa terjadi kebakaran di dalam gedung. Peserta langsung masuk dan dapat memberi tanda mana korban yang prioritas tinggi, sedang, rendah, dan paling akhir/meninggal. Lalu dilanjut dengan pertolongan Pertama.

Serangkaian Pelatihan Kegawatdaruratan yang telah dilaksanakan ini bertujuan untuk memberikan pengertian dan keterampilan dasar mengenali kasus kegawat daruratan, sehingga dapat mengidentifikasi dan timbul keberanian atas dasar kemampuannya untuk menolong korban.

*****