,

Partisipasi Mahasiswa Wujudkan Kampus Berhias dalam Pemilihan Ketua BEM POLKESYO Periode 2019

Pemilihan Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) periode 2020 yang dikoordinatori Komisi C Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) adalah salah satu dari serangkaian kegiatan Pemilu Raya 2019 di Lingkungan Kampus Poltekkes Kemenkes Yogyakarta (POLKESYO). Pemilihan Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM diawali dengan debat terbuka yang telah dilaksanakan pada Selasa Legi, 8 Oktober 2019 bertempat di Auditorium Kebidanan dan terbuka untuk seluruh mahasiswa. Setelah debat terbuka, tahap berikutnya adalah pemilihan pasangan calon ketua dan wakil ketua yang pada tahun ini sudah mengggunakan sistem berbasis online yang disebut e-vote/electronic vote.

Ada 3 pasangan calon (paslon) dalam kegiatan Pemiket (Pemilihan Ketua) BEM periode 2020 ini. Pasangan pertama adalah Afza Atsnaita Safina (Str. Kesehatan Lingkungan) – Cahyo Dwi Prakoso (Str. Kesehatan Lingkungan), Pasangan Kedua Nur Hidayat Lathif (D3 Sanitasi) – Alissa Nikma Nahsandi (D3 Keperawatan), dan pasangan ketiga adalah Karyzha Akbar Santoso (D3 Gizi) – Ridho Asadenta (D3 Kesehatan Gigi).  Sistem pemilihan online dapat diakses mulai Kamis Pon, 10 Oktober 2019 pukul 09.00 WIB dan ditutup pada Jumat Wage, 11 Oktober 2019 pukul 09.00 WIB. E-vote hanya bisa digunakan oleh mahasiswa aktif dengan cara login menggunakan NIM yang sebelumnya sudah didaftar oleh panitia. Dengan adanya e-vote, Panpera (panitia pemilu raya pusat) tidak perlu lagi melakukan penghitungan suara secara manual, karena hasil sudah terhitung otomatis oleh sistem secara online.

Penggunan sistem online dipilih sebagai salah satu wujud bahwa mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta turut serta menyongsong era Industri 4.0. Selain itu juga sebagai salah satu andil mahasiswa dalam mewujudkan Kampus Berhias yang terus dan sedang digalakkan di lingkungan kampus POLKESYO, diantaranya dengan mengurangi penggunaan kertas, termasuk juga dalam kegiatan Pemilihan Ketua BEM Periode 2020.

*****