[et_pb_section admin_label=”section”]
[et_pb_row admin_label=”row”]
[et_pb_column type=”4_4″][et_pb_text admin_label=”Text”]

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, menyampaikan apresiasi kepada Poltekkes Kemenkes Yogyakarta (Polkesyo) sebagai salah satu Sentra Vaksinasi di DI Yogyakrta telah yang melaksanakaan program vaksinasi bagi masyarakat umum dan civitas akademika. Hal tersebut disampaikan oleh Menkes saat melakukan kunjungan singkat ke lokasi vaksinasi di Gedung Biru Polkesyo, Minggu (22/8).

 

“Terima kasih kepada Polkesyo yang telah melaksanakan program vaksinasi dengan ribuan peserta ini sangat membantu ketercapaian cakupan vaksin nasional. Keterlibatan perguruan tinggi khususnya Poltekkes Kemenkes Yogyakarta sangat diperlukan dalam mendukung keberhasilan program vaksinasi di tanah air,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, Menkes juga mengapresiasi jalanya vaksinasi yang dilakukan dapat berlangsung lancar dan tidak terjadi kerumunan yang berarti. Hadir bersama dengan Menkes antara lain Direktur Utama RSUP Dr Sardjito, Kepala BBTKL-PP Yogyakarta, Dinas Kesehatan DI Yogyakarta, sedangkan dari Polkesyo hadir Direktur beserta para Wakil Direktur dan pejabat lainnya.

Meskipun pada hari minggu namun dari pantauan lapangan peserta vaksinasi yang hadir cukup banyak dan beragam, mereka sangat antusias mengikuti vaksinasi.

Sementara itu Direktur Polkesyo, Joko Susilo, SKM, M.Kes., menyampaikan bahwa Polkesyo mulai melaksanakan kegiatan sebagai sentra vaksin pada tanggal 23 Juni 2021 dengan 100 sasaran, pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat umum dan civitas akademika Polkesyo ini merupakan bentuk nyata komitmen Polkesyo mendukung percepatan vaksin di tanah air. Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan cakupan vaksinasi sehingga segera terbentuk kekebalan kelompok (herd immunity).

“Sebelum menjadi sentra vaksinasi, Polkesyo telah melaksanakan kegiatan vaksinasi massal kerja sama dengan Dinas Kesehatan DIY, dan Dinkes Sleman, baik menyelenggarakan mandiri maupun mengirimkan tenaga vaksinator secara berkala,” ungkapnya.

Terkait dengan layanan dukungan sebagai sentra vaksinasi, Joko Susilo menyebutkan antara lain melalui dukungan penuh dari jajaran Pimpinan, fasilitas lengkap, jumlah tenaga vaksinator terlatih dan pengalaman sebanyak 50 orang, ketersediaan coldchain khusus penyimpanan vaksin sendiri dilengkapi kontrol suhu dan frezetag vaksin yang dimonitor ketat minimal 2 kali sehari, ruang penyimpanan vaksin dengan listrik 24 jam beserta generator, ruang penyimpanan BHP, ruang tempat vaksin dengan kapasitas 300 orang, internet yg mendukung, mempunyai sistem informasi sendiri berupa aplikasi  P Care, adanya tenaga dokter sendiri, dilengkapi mini ICU, R vaksin hijab, APD petugas lengkap.

“Sejak diluncurkannya sebagai sentra vaksinasi, layanan vaksinasi yang diberikan setiap hari rata-rata berjumlah 200 – 300 orang, Polkesyo akan terus meningkatkan kualitas layanannya sehingga masyarakat akan merasa nyaman.”.

Kehadiran Menkes menjadi penyemangat bagi Polkesyo untuk lebih giat melayani seluruh lapisan masyarakat yang mengakses vaksinasi. Semua unsur masyarakat tanpa syarat domisili disilahkan untuk mendapatkan layanan secara gratis dengan terlebih dahulu mendaftarkan diri secara online melalui https://bit.ly/DaftarvaksinPolkesyo, pungkas Direktur Polkesyo

[/et_pb_text][/et_pb_column]
[/et_pb_row]
[/et_pb_section]