LOMBA IDE KREATIF SISWA 2018 (LITS 2018) tingkat Provinsi D.I. Yogyakarta bagi Siswa SMA Sederajat

Unit Kegiatan Mahasiswa Riset dalam rangka menyambut Dies Natalis Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang ke 17 menyelenggarakan LITS 2018 tingkat Provinsi D.I. Yogyakarta bagi siswa SMA sederajat. Selain dalam rangka menyambut Dies Natalis kampus, kegiatan ini sekaligus bertujuan untuk menumbuhkan budaya berpikir dan meneliti pada kalangan siswa SMA.

Lomba Ide Kreatif Siswa (LITS) ini mengusung tema inovasi aplikatif pemuda sebagai agent of change dalam mewujudkan Indonesia maju. Lomba yang diadakan di Auditorium Jurusan Kebidanan pada tanggal 8 April 2018 ini dibuka oleh sambutan dari Kepala Urusan Kemahasiswaan, Bapak Abdul Majid, S.Kep, Ns., M.Kep. Dalam kesempatan itu beliau mengapresiasi seluruh panitia dan peserta LITS 2018 yang telah menyukseskan perlombaan dengan baik. Beliau juga menyampaikan bahwa tiga juri yang menilai seluruh karya peserta berasal dari internal Poltekkes dan kalangan eksternal Poltekkes sehingga diharapkan hasil keputusan juri bersifat objektif dan adil.

Peserta lomba merupakan tim yang terdiri dari sedikitnya dua orang dari seluruh SMA, MA, SMK, atau sederajat di seluruh wilayah DIY. Dari belasan proposal karya yang diterima UKM Riset, hanya ada enam yang dapat mengikuti tahap final untuk memperebutkan gelar juara. Ketua penyelenggara LITS, Titik Fajriyati, memaparkan bahwa jumlah peserta tiap tahun kian meningkat dan berharap semoga kegiatan tahunan seperti ini dapat terus berjalan dan meningkat tingkat partisipasinya. Pada babak final, seluruh peserta diberi kesempatan memaparkan proposalnya selama sepuluh menit dan kemudian akan ditanggapi dewan juri sekaligus sesi tanya jawab selama lima belas menit. Dalam kesempatan ini peserta benar-benar diuji pemahaman konsep dan penguasaan terhadap materi yang mereka sampaikan.

Babak final LITS 2018 berhasil melahirkan enam tim terbaik se-DIY berdasarkan proposal dan pemaparan materi di hadapan dewan juri. Berikut ini adalah hasil akhir penilaian dewan juri terhadap hasil karya seluruh peserta LITS 2018 :

Juara 1 SMA Negeri 5 Yogyakarta
Juara 2 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta
Juara 3 SMA Negeri 1 Jetis Bantul
Harapan 1 MAN III Sleman Yogyakarta
Harapan 2 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta
Harapan 3 SMA Negeri 5 Yogyakarta

Mungkin Anda juga menyukai