, ,

KOLABORASI INTERNASIONAL “Program Global Health Indonesia J-Term 2020”

Kegiatan ini diselenggarakan bersama dalam kerja sama antara tiga perguruan tinggi, meliputi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta (PolKesYo), Universitas Islam Indonesia (UII), dan University of Rhode Island (URI) USA.

Program Global Health Indonesia J-Term 2020 merupakan aktivitas program perkuliahan singkat (2 pekan) yang diselenggarakan bersama dalam kerja sama antara tiga perguruan tinggi, meliputi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta (PolKesYo), Universitas Islam Indonesia (UII), dan University of Rhode Island (URI) USA. Aktivitas ini dilaksanakan di Yogyakarta pada tanggal 7 – 12 Januari 2020 dengan mengusung tema “Interdisciplinary Exploration of Key Health Issues and Social Determinants of Health in Relation to the World Health Organization Sustainable Development Goals in Indonesia”.

Aktivitas ini diikuti oleh 50 peserta yang terdiri atas mahasiswa dan dosen dari ketiga perguruan tinggi tersebut. Serangkaian kegiatan dalam Program Global Health Indonesia JTerm 2020 yang dilaksanakan oleh PolKesYo meliputi, mulai dari Guest Lecture, Kunjungan ke Pusat Unggulan Inovasi (PUI), Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA), dan Workshop Kurikulum Rintisan Kelas Internasional (RKI) untuk Jurusan Keperawatan.

Kunjungan ke PUI PolKesYo juga dilaksanakan oleh peserta sebagai rangkaian dalam penyelenggaraan Program J-Term 2020. Peserta dan tamu undangan yang hadir disambut dengan tarian selamat datang tradisional, bertajuk “Pudyastuti” yang mengisahkan tentang rasa syukur dan ungkapan gembira. Tarian ini ditarikan oleh gadis remaja yang beranjak dewasa dan sedang bersolek. Tarian tersebut ditampilkan oleh para mahasiswa PolKesYo yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tari di bawah arahan Eko Suryani, S.Pd., MA. (Koordinator Mahasiswa dan Alumni PolKesYo).

Selain tarian, kesenian membatik juga disajikan bagi peserta dan tamu undangan. Melalui sajian ini peserta bisa mendapatkan gambaran dasar terkait proses pembuatan batik, terutama pembuatan pola. Bagi peserta yang tertarik untuk menari dan membatik juga disediakan pelatih dan disilahkan untuk langsung ikut mempraktikkannya. Selain kesenian, juga disajikan beberapa produk unggulan inovasi hasil kreasi mahasiswa PolKesYo.

Dalam kunjungan peserta ke PUI dilakukan sharing terkait sistem pembelajaran di masing-masing perguruan tinggi tersebut. Pada kesempatan itu juga disediakan sesi tanya jawab bagi para peserta untuk mendapatkan penjelasan lebih mendalam terkait sistem pembelajaran. Sesi ini diakhiri dengan penyerahan plakat sebagai cinderamata dari Direktur PolKesYo kepada pihak URI.

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa laboratorium serta mini hospital dengan sebelumnya dilakukan senam peregangan “maumere” yang dipimpin oleh mahasiswa PolKesYo diikuti oleh peserta. Pada mini hospital peserta dijelaskan terkait salah satu keunggulan PolKesYo dalam keperawatan jiwa dan komunitas.