FORUM KOMUNIKASI MAHASISWA PERIODE MARET 2018

Forum Komunikasi Mahasiswa atau yang selanjutnya disebut sebagai Forkom adalah salah satu program kerja Badan Legislatif Mahasiswa, khususnya Komisi A yang membidangi legitimasi. Forkom dilaksanakan setiap enam bulan sekali. Pada kesempatan ini, Forkom periode Maret 2018, dilaksanakan di Auditorium Kebidanan, Kampus Jurusan Kebidanan Mangkuyudan Yogyakarta, pada hari Jum’at, 9 Maret 2018. Acara yang diketuai oleh Zhuhria Alifsya Ramadhani yang merupakan mahasiswa diploma tiga Jurusan Kesehatan Lingkungan semester dua ini, diikuti oleh sebanyak tujuh puluh lima peserta, yang meliputi perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Jurusan, Himpunan Mahasiswa Program Studi dan Unit Kegiatan Mahasiswa.

Forkom periode ini, bertemakan Mahasiswa dan Demokrasi. Badan Legislatif Mahasiswa, mengajak segenap keluarga besar Organisasi Mahasiswa, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, untuk berfikir secara kritis dalam menyikapi tahun demokrasi dan pemilu 2019.

Acara ini, dibuka pada pukul 14.30 untuk registrasi peserta dan dimulai pukul 15.00 WIB yang dipandu oleh Dwi Anitasari mahasiswa Sarjana Terapan Analis Kesehatan semester empat dan Nisa Alfinda Fatah mahasiswa Sarjana Terapan Gizi semester dua. Setelah menyayikan Lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Safira Kusuma Wardhani mahasiswa Sarjana Terapan Kesehatan Lingkungan, ketua panitia memberkan laporan kegiatan dan kemudian Sambutan yang diberkan oleh Bapak Trubus Basuki Staff Jajaran Pudir III, selaku delegasi dari Ka. Ur. Kemahasiswaan, Pudir III, dan Bapak Direktur, yang pada kesempatan ini tidak dapat bergabung dengan teman-teman ormawa, dikarenakan sedang dalam tugas lain.

Penyampaian materi oleh Badan Legislatif Mahasiswa, mendapatkan apresiasi yang cukup baik dari teman-teman ORMAWA pun Jajaran Dosen Pengajar yang hadir pada Forkom ini. Bahasan dan tema yang diangkat memang tengah hangat diperbincangkan di kalangan mahasiswa dan sektor pendidikan tinggi. Tanggapan yang diberkan oleh Bapak Ns. Maryana, S.Si.T, S.Psi, S.Kep.M.Kep., selaku sekretaris prodi Sarjana Terapan Jurusan Keperawatan tentang perbaikan sistem birokrasi dan administrasi kemahasiswaan direspon positif oleh teman-teman mahasiswa.

Argumen dari setiap lapisan mahasiswa, yang pertama kali disampaikan oleh Ketua BEM Poltekkes Kemenkes Yogyakarta saudara Muhammad Nabil habiburahma mahasiswa Sarjana Terapan Gizi, menegaskan bahwa ormawa Poltekkes Jogja harus mempu menjadi seorang aktivis kampus yang sebenarnya, bukan hanya terfokus pada setiap program kerja masing-masing ormawa. Setiap pemimpin di Poltekeks Jogja diharapkan dapat memiliki kepekaan terhadap issue yang hangat beredar, dan kritis dalam setiap bertindak pun menanggapinya.

Tidak jauh berbeda dengan Saudara Nabil, pendapat Saudari Andini Nur Fitri yang merupakan mahasiswa Sarjana Terapan Analis Kesehatan, pun Ketua HMJ, menerangkan bahwa, Forkom, merupakan wadah yang sangat baik untuk mahasiswa berdiskusi secara terbuka. Dengan adanya Forkom, mahasiswa dapat berlatih pendalaman issue yang telah melalui proses penyaringan. Tanggapan yang cukup menark datang dari Saudara Muhammad Afif Fadil Wicaksono, mahasiswa Sarjana Terapan Keperawatan, yang merupakan Ketua HMJ Keperawatan. Menurut Afif, setiap individu memiliki pandangan yang berbeda-beda. Dengan begitu akan ada banyak cara untuk menyelesaikan permasalahan. Mencatut kasus tentang demonstrasi yang dilakukan oleh tema-teman DPW PPNI, Afif menilai bahwa, demo tida selamanya haram. Terkadang ada beberapa moment yang harus diperjuangkan dengan berdemo dengan mempertimbangkan konsekuensi yang ada. Dan dengan berorganisasi di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Afif mengatakan, bahwa belajar berdemokrasi, berlatih komunikasi, serta berfikir kritis, harus dimulai sejak dini.

Kegiatan diskusi berakhir pada pukul 17.58, mengingat sudah dikumandangkannya adzan magrib. Sesi diskusi diakhiri dengan kesepakatan pengurus organisasi mahasiswa, untuk saling berkolaborasi bersama untuk membangun Poltekkes Kemenkes Yogyakarta menjadi Institusi rujukan baik kampus pun Ormawanya. Dengan kesepakatan yang telah disetujui oleh perwakilan Ormawa, Badan Legislatif Mahasiswa 2018 dengan seruan #bergerakbersama, mengajak keluarga besar organisasi mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakartam untuk saling membangun, dan berkolaborasi dengan kebaikan untuk menghasilkan sebuah prestasi yang membanggakan.

*****

Mungkin Anda juga menyukai