Forum Komunikasi Mahasiswa (FORKOM) Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

Forum Komunikasi Mahasiswa atau yang selanjutnya disebut sebagai Forkom adalah salah satu program kerja Badan Legislatif Mahasiswa, khususnya Komisi A yang membidangi legitimasi. Forkom dilaksanakan setiap enam bulan sekali. Pada kesempatan ini, Forkom periode September 2018, dilaksanakan di Auditorium Kebidanan, Kampus Jurusan Kebidanan Mangkuyudan Yogyakarta, pada hari Senin Legi, 3 September 2018.

Acara yang diketuai oleh Aisah Khusnul Isma’iyah yang merupakan mahasiswa Sarjana Terapan Jurusan Keperawatan semester tiga ini, diikuti oleh sebanyak seratus peserta, yang meliputi perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Jurusan, Himpunan Mahasiswa Program Studi dan Unit Kegiatan Mahasiswa.

Forkom periode ini, bertemakan Family Gathering, mengajak segenap keluarga besar Organisasi Mahasiswa dan pejabat di periode kepengurusan baru Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, untuk bersilahturahmi dan menjalin hubungan yang kooperatif.

Acara dibuka pada pukul 13.30 WIB untuk registrasi peserta dan dimulai pukul 15.22 WIB yang dipandu oleh Aghnia Misty Mufidah mahasiswa Sarjana Terapan Kebidanan semester tiga. Setelah menyayikan Lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Firda Luthfi Nugrahani mahasiswa Diploma Tiga Keperawatan, ketua panitia memberikan laporan kegiatan dan kemudian dilanjutkan dengan Sambutan yang diberikan oleh Bapak Dr. Iswanto, S.Pd, M.Kes., selaku Pudir III Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Dilanjutkan dengan penyampaian profil Badan Legislatif Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa, Perwakilan dari setiap Himpunan Mahasiswa Jurusan, Himpunan Mahasiswa Program Studi dan Unit Kegiatan Mahasiwa  mendapatkan apresiasi yang cukup baik dari teman-teman ormawa pun jajaran dosen pengajar yang hadir pada Forkom ini. Tema yang diangkat pada FORKOM kali ini adalah Famiy Gathering bersama keluarga besar organisasi mahasiswa yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan megenalkan profil organisasi mahasiwa dan UKM kepada pejabat baru di jajaran direktorat dan jurusan.

Penyampaian profil dari setiap Ormawa dan UKM menggunakan media video sebagai visualisasinya, dan setiap perwakilan Ormawa dan UKM memberikan penjabaran dan penjelasan mengenail profil, struktur kepengurusan dan program kerja baik yang sudah terlaksana maupun yang baru direncanakan. Penyampaian profil dilakukan secara bergantian dengan estimasi waktu kurang lebih selama tiga menit.

Setelah penyampaian profil masing – masing ormawa dan UKM, acara dilanjutkan dengan penyampaian tanggapan jajaran direktoran dan jurusan. Tanggapan pertama diutarakan oleh ibu Eko Suryani selaku Kepala Urusan Kemahasiswaan, Ibu Eko menyarankan agar ditambahkan durasi dalam penyemapian profil setiap Ormawa dan UKM, tanggapan senada juga disampaikan Bapak Agus Khamaryana. Tanggapan yang ketiga dari ibu Yuliasti Eka selaku ketua prodi ST Kebidanan, Ibu Yuliasti Eka menyarankan agar pelaksanaan event sifatnya megasah soft skill waktu pelaksanannya bisa disesuaikan dengan waktu yang telah di tentukan kalender akademik. Namun demikian kegiatan FORKOM ini tetap layak di apresiasi dan dilanjutkan untuk membahas isu – isu yang sedag berkembang lainnya.

Diskusi berakhir pada pukul 17.42 WIB. Sesi diskusi diakhiri dengan foto bersama Keluarga besar Organisasi Mahasiswa tahun 2018 dengan jajaran direktorat dan jurusan yang baru. Badan Legislatif Mahasiswa 2018 dengan seruan #bergerakbersama, mengajak keluarga besar organisasi mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakartam untuk saling membangun, dan berkolaborasi dengan kebaikan untuk menghasilkan sebuah prestasi yang membanggakan.

*****

Mungkin Anda juga menyukai