Bulan Kesehatan Gigi Nasional HMJ Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta 2018

Kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional Himpunan Mahasiswa Jurusan Keperawatan Gigi dilaksanakan selama dua hari, pada Kamis, 13 September 2018 dan Jum’at, 14 September 2018. Kegiatan hari pertama dilaksanakan di SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta sementara kegiatan hari kedua terpusat di Kampus Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Peserta kegiatan hari pertama diikuti 114 siswa siswi kelas 3 SD Muhammadiyah Karangkajen dan 34 mahasiwa HMJ Jurusan Keperawatan Gigi. Pada hari kedua, diikuti oleh 350 peserta (202 orang perwakilan kelas, 21 orang dosen, 15 orang peserta pelatihan dokter cilik, 34 HMJ Keperawatan Gigi).

Acara di SD Muhammadiyah Karangkajen dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan diawali pembukaan yang dipimpin oleh ketua jurusan Keperawatan Gigi. Dilanjutkan dengan acara penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, penyerahan doorprize dan kegiatan sikat gigi bersama. Kegiatan ditutup dengan penyerahan plakat kenang-kenangan oleh ketua jurusan Keperawatan Gigi kepada Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta.

Sementara kegiatan pada hari kedua dimulai pada pukul 06.30 WIB diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh ketua jurusan Keperawatan Gigi, dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta bagi peserta pelatihan dokter cilik. Acara selanjutnya adalah jalan sehat bersama yang diikuti oleh dosen dan karyawan, mahasiswa jurusan keperawatan gigi, dan peserta pelatihan dokter cilik. Setelah itu acara dilanjutkan dengan lomba makan krupuk, lomba estafet kardus, lomba balap karung, dan lomba estafet balon. Kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional hari kedua ditutup dengan pengumuman juara lomba – lomba yang telah dilaksanakan.

Bulan Kesehatan Gigi Nasional dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan  pengetahuan tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut, tertanamnya perilaku hidup sehat dan bersih khususnya di bidang kesehatan gigi dan mulut, dan untuk mempererat tali persaudaraan civitas akademika di Jurusan Keperawatan Gigi.

*****

Mungkin Anda juga menyukai