,

Diskusi Bersama Direktur POLKESYO dalam Secangkir Teh Periode II 2019

Secangkir Teh Bersama Direktur, yang sering disebut dengan SCT, merupakan kegiatan sebagai tindak lanjut dari angket aspirasi mahasiswa. Kegiatan SCT berisi pembahasan serta tanggapan langsung atas kritik dan saran yang disampaikan oleh mahasiswa. Angket aspirasi mahasiswa merupakan salah satu program kerja komisi D BLM yang membidangi legislasi, yang bertujuan untuk menampung aspirasi, gagasan, dan ide-ide yang membangun dari seluruh mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Acara Secangkir Teh II 2019 berlangsung pada Senin Legi, 23 September 2019 di Graha Bina Husada Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kegiatan ini secara resmi dibuka langsung oleh Bapak Joko Susilo, SKM., M.Kes selaku direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kegiatan inti SCT diawali dengan pembacaan hasil data angket Secangkir Teh II 2019 dan dilanjutkan dengan sesi diskusi terbuka yang dipandu oleh moderator. Kemudian pengelola dari direktorat maupun pengelola dari jurusan menyampaikan tanggapan terkait hasil angket yang sudah dipaparkan. Disampaikan juga penyampaian aspirasi dari perwakilan kelas, perwakilan UKM, perwakilan organisasi mahasiswa serta perwakilan asrama. Selesai tanggapan dan diskusi, di akhir sesi ditutup dengan penyampaian kesimpulan oleh moderator, dilanjutkan sesi foto bersama dan penutupan. Kegiatan SCT periode II berjalan dengan lancar. Harapan dari kegiatan ini adalah, dapat memberikan masukan dan saran yang membangun demi kemajuan POLKESYO.

*****

,

Dies Natalis Ke-36 Jurusan Kesehatan Lingkungan Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan 2019

Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang berdiri pada tanggal 11 Agustus 1983, pada tahun ini telah genap berusia 36 tahun. Dalam rangka menghargai dan mengenang tanda jasa para pendiri Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes kemenkes Yogyakarta, HMJ Kesehatan Lingkungan menyelenggarakan Serangkaian Perayaan Dies Natalis ke-36 Jurusan kesehatan Lingkungan.

Serangkaian acara ini dilaksanakan mulai dari pagi, hingga menuju malam puncak, bertempat di Gedung Auditorium Graha Bina Husada yang beralamatkan Jl. Gading Sari No.99, Area Sawah, Banyuraden, Kec. Gamping Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55293. Serangkaian Perayaan Dies Natalis ke-36 Jurusan Kesehatan lIngkungan ini bertemakan “Autumn Atmosphere Come’s In Our Special Day” yang diselenggarakan pada tanggal 13 September 2019.

Acara ini diikuti oleh mahasiswa dan alumni Jurusan Kesehatan Lingkungan serta jajaran dosen dan karyawan Jurusan Kesehatan Lingkungan. Acara ini dihadiri pula oleh beberapa tamu undangan, diantaranya Direktur Poltekkes kemenkes Yogyakarta yang diwakili oleh Wakil Direktur I, Jajaran Jurusan Kesehatan Lingkungan, Jajaran Program Studi Sarjana Terapan Sanitasi dan Diploma Tiga Sanitasi Lingkungan, serta delegasi dari BLM, BEM, HMJ lain dan HMPS Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Serangkaian acara tersebut dibuka oleh pembukaan yang disampaikan oleh MC Alysia Salma Mutiasa dan Via Efiana, dilanjutkan dengan laporan ketua panitia oleh Anggit Ady Nugraha, dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Direktur I Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Ibu Heni Puji W., S.SiT, M.Keb, dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan, Bapak M. Mirza Fauzie, SST, M.Kes dan Anggit Ady Nugraha selaku ketua panitia, dilanjutkan dengan sepatah dua patah kata oleh Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan.

Serangkaian acara dimulai dengan jalan sehat pada pagi harinya, dilanjut dengan perlombaan antar kelas dengan lomba balon gila, bakiak bersaf, dan estafet unyil. Setelah bermacam kegiatan fisik, peserta disajikan dengan presentasi salah satu Teknologi Tepat Guna yang diisi oleh Diah Apriyani, dan acara pagi  ditutup dengan hiburan yang diisi oleh “Angklung Bambu Ria” yang melibatkan peserta untuk ikut bernyanyi bersama sambil menikmati konsumsi.

Tiba pada acara malam hari, acara dibuka oleh MC Ambarwati Retnaningrum dan Ahyat Rosyi, dilanjutkan dengan penampilan fashion show antar kelas, dilanjutkan dengan pembagian doorprize oleh ketua panitia dan juga penampilan per kelas yang diantaranya menampilkan: dance, akustik, tari tradisional, drama musikal, flashmob, serta menyanyi bersama. Acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba serangkaian porseni dan penampilan dari pemenang lomba akustik dari serangkaian lomba porseni. Acara malam puncak Dies Natalis ke-36 ditutup dengan penampilan Gues Star “Satisfy”.

*****

Mahasiswa POLKESYO berhasil menyabet Juara I pada Pemilihan Duta Kesehatan Kabupaten Sleman

Nur Hidayat Lathif, mahasiswa jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, berhasil menjadi juara 1 untuk kategori pria pada ajang pemilihan Duta Kesehatan Kabupaten Sleman. Sedangkan Dela Ratna Sari, mahasiswi jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, berhasil menjadi juara kategori 1 wanita.

Dikutip dari laman resmi Kabupaten Sleman, kegiatan pemilihan Duta Kesehatan Kabupaten Sleman ini baru pertama kalinya dilaksanakan. Kegiatan dilaksanakan pada Sabtu Pahing (14/9), bertempat di Hotel Grand Serela, Jl. Magelang, Sleman. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengembangkan bakat para remaja sehingga mampu membawa misi kesehatan di tengah masyarakat.

Hadir pada acara Grand Final Duta Kesehatan tersebut Bupati Sleman, Sri Purnomo. Dalam pidatonya ia menuturkan bahwa remaja mempunyai peran yang sangat penting dalam mempromosikan program-program pemerintah, tak terkecuali pada bidang kesehatan. Terlebih di era teknologi informasi seperti saat ini, remaja dianggap lebih mampu menyampaikan informasi kepada orang-orang seusianya sesama generasi milenial.

“Maka diharapkan Duta Kesehatan ini nantinya dapat menyampaikan informasi terkait kesehatan di lingkungannya masing-masing”, ucapnya.

Sementara Joko Hastaryo selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan wadah bagi remaja untuk mengaktualisasikan bakatnya di bidang kesehatan. Adapun isu yang diangkat pada pemilihan Duta Kesehatan ini kata Joko meliputi lima hal, yakni penurunan angka kematian ibu dan bayi baru lahir, penanggulangan stanting, imunisasi, tuberkolosis dan penyakit tidak menular.

“Setelah kegiatan ini, para duta terpilih akan terlibat aktif dalam berbagai kegiatan di bidang kesehatan baik di tingkat kabupaten maupun berbagai tingkat lainnya”, ungkap Joko.

Sebelumnya Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman membuka pendaftaran pada tanggal 19 sampai 30 Agustus 2019 lalu. Ada sebanyak 200 peserta yang mendaftarkan diri dalam ajang pencarian bakat Duta Kesehatan tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan proses seleksi yang dilakukan di aula Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. Seluruh peserta diberi kesempatan untuk menampilkan bakat serta ketrampilan terbaiknya sesuai dengan isu kesehatan yang diangkat pada kegiatan tersebut. Dari seleksi tersebut kemudian terpilih 40 orang yang terdiri dari 14 pria dan 26 wanita. 40 orang finalis tersebut selanjutnya melakoni seleksi terakhir di Grand Final dan kemudian terpilih 10 orang grand finalis, terdiri dari 5 pria dan 5 wanita.

*****

Instagram

Instagram has returned invalid data.

Office

Alamat
Jl. Tatabumi No. 3, Banyuraden, Gamping, Sleman

Kontak
email: info@poltekkesjogja.ac.id
(0274) 617601

Jam Kerja:
Senin – Kamis : 07:30 – 16:00
Jumat: 07:30 – 16:30