Rangkaian Kegiatan HKN ke 53 Poltekkes Kemenkes Yogyakarta 2017

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-53 yang jatuh pada tanggal 12 November 2017, Badan Eksekutif Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta melaksanakan serangkaian kegiatan yang dimulai sejak tanggal 29 Oktober 2017.  Pada tanggal 29 Oktober 2017 dilaksanakan lomba badminton yang bertempat di Balai Desa Banyuraden, lomba tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa-mahasiswi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang dibagi menjadi dua kategori, yaitu antar Jurusan yang terdiri dari Ganda Putra yang dimenangkan oleh Ahmad Mursalin dan Bambang Arianto dari Jurusan Analis Kesehatan, Ganda Putri yang dimenangkan oleh Hartian A. Putri dan Krisna Wijayanti dari Jurusan Kesehatan Lingkungan serta antar ORMAWA yaitu Ganda Campuran yang dimenangkan oleh Muhammad Azhar dan Hestina dari HMJ Analis Kesehatan.

Selanjutnya dilaksanakan tiga lomba lain, yaitu lomba leaflet yang dikhususkan untuk peserta yang berasal dari internal Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, lomba tersebut diikuti oleh 6 perwakilan dari masing-masing Jurusan yang ada di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, untuk lomba leaflet yang bertemakan “Gerakan Masyarakat Hidup Sehat” juara 1 dimenangkan oleh Zulhanie Yunita Ratri dari Jurusan Kebidanan dan juara 2 dimenangkan oleh Ersa Afifah Maulanasari dari Jurusan Analis Kesehatan. Selanjutnya ada lomba fotografi dengan tema “Visualisasi Hidup Sehat di Masyarakat”, lomba ini terbuka untuk masyarakat umum dan berlangsung sejak tanggal 30 Oktober 2017 sampai 10 November 2017, juara 1 dimenangkan oleh Adam Dimas Herlambang dan juara 2 dimenangkan oleh Widhi Kurnia Ramadhan. Dan yang terakhir lomba flashmob dengan tema “Gerakan Sadar Hidup Sehat” dimenangkan oleh Jurusan Keperawatan Gigi.

Puncak acara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 yaitu Karnaval Kesehatan yang dilaksanakan pada tanggal 12 November 2017. Acara ini dimulai pukul 08.00-10.00 WIB di sepanjang jalan dari Kampus Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta/ BLK dan berakhir di Alun-Alun Selatan. Karnaval Kesehatan ini diikuti oleh 9 kontingen yang berasal dari internal dan eksternal Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Peserta internal berasal dari 6 Jurusan yang ada di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, yaitu Jurusan Analis Kesehatan, Jurusan Gizi, Jurusan Kebidanan, Jurusan Keperawatan, Jurusan Keperawatan Gigi dan Jurusan Kesehatan Lingkungan. Peserta eksternal berasal dari Institusi Pendidikan Kesehatan di Yogyakarta, yaitu Stikes Surya Global, Akper Notokusumo Yogyakarta dan Stikes Jenderal Ahmad Yani. Serta dimeriahkan oleh UKM yang ada di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Untuk Karnaval Kesehatan yang bertemakan “Sehat Keluargaku. Sehat Indonesiaku,” juara 1 dimenangkan oleh Jurusan Analis Kesehatan, juara 2 dimenangkan oleh Jurusan Keperawatan Gigi, juara 3 dimenangkan oleh Jurusan Kebidanan, juara harapan 1 dimenangkan oleh Jurusan Gizi, juara harapan 2 dimenangkan oleh Stikes Surya Global, juara harapan 3 dimenangkan oleh Jurusan Kesehatan Lingkungan, kategori terfavorite dimenangkan oleh Akper Notokusumo Yogyakarta, kategori tersemangat dimenangkan oleh Stikes Ahmad Yani dan kategori termenarik dimenangkan oleh Jurusan Keperawatan. Dalam Karnaval Kesehatan ini juga dilaksanakan pembagian 1000 pesan kesehatan yang berisi ajakan untuk membiasakan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, donor darah, pembagian susu gratis, cap tangan komitmen cinta sehat serta pembagian leaflet hasil karya pemenang lomba leaflet.

 

You may also like...