Rangkaian Kegiatan Dies Natalis Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta 2017

Dies Natalis Jurusan Kesehatan Lingkungan ke-34 dilaksanakan dengan beberapa serangkain yakni meliputi, Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Lomba Desain Poster yang bertema “Kesehatan Lingkungan” dengan sub tema “Ide Kreatif Pengelolaan Sampah” bagi pelajar SMA/Sederajar se-DIY. Technical Meeting Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Lomba Desain Poster tersebut dilaksanakan pada tanggal 13 September 2017, dan pelaksanaan Lomba Karya Tulis Ilmiah pada tanggal 17 September 2017. Untuk Lomba Desain Poster pengumuman juara 1 ,juara 2 dan juara 3 pada tanggal 16 September 2017. Pemberian penghargaan untuk Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Lomba Desain Poster akan di berikan pada saat Puncak Dies Natalis Jurusan Kesehatan Lingkungan pada tanggal 6 Oktober 2017. Tujuan dari kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Lomba Desain Poster ini adalah dapat menjadi media untuk memberi komunikasi, edukasi, dan informasi kepada masyarakat khususnya remaja tentang pentingnya kesehatan lingkungan.

Pada tanggal 13 September 2017 dilaksanakan Technical Meeting (TM) Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Lomba Desain Poster yang dimulai pukul 15.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB di Ruang Sanitasi Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. TM ini diikuti oleh 14 anggota Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan, 3 orang perwakilan peserta LKTI yang terdiri dari 2 Sekolah, 2 orang perwakilan peserta Lomba Desain Poster. Acara TM dengan pembacaan tata tertib Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Lomba Desain Poster yang dibacakan oleh Mufida Kurniawati selaku ketua panitia, dipandu oleh Caecillia Novena Dianika sebagai MC, dan Atika Silvia Melyawati sebagai notulen.

Pada tanggal 17 September 2017 adalah pelaksanaan Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diadakan di Ruang Sanitasi Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kegiatan ini  di ikuti oleh pelajar SMA/Sederajat sebagai peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah berjumlah 4 team, 2 team terdiri dari 3 orang, antara lain SMK SMTI Yogyakarta, SMA N 1 Kalibawang, SMA Negeri 1 Sedayu yang totalnya berjumlah 10 orang. Kegiatan ini terdiri dari registrasi lomba dimulai pukul 07.00 sd 08.00 WIB, pembukaan acara, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan dari Ketua Panitia Lomba Karya Tulis Ilmiah, sambutan Kepala Jurusan Kesehatan Lingkungan sekaligus dibuka acara perlombaan secara resmi yang diwakilkan oleh Sekretaris Jurusan, pembacaan tata tertib lomba oleh Ketua Panitia, bertempat di Ruang Sanitasi Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Pukul 08.25 WIB yaitu pelaksanaan Lomba Karya Tulis Ilmiah yang bertempat di Ruang Sanitasi Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, peserta memulai presentasi. Peserta diberikan waktu perlombaan maksimal 15 menit untuk persiapan sampai dengan sesi tanya jawab. Sekitar pukul 09.10 WIB para peserta telah menyelesaikan presentasinya. Terdapat 3 juri pada perlombaan ini, yaitu Rizki Amalia, SKM,M.Kes (Epid), Sri Muryani SKM, M.Kes, Dr.Iswanto, M.Kes  beliau berprofesi sebagai dosen di Jurusan Kesehatan Lingkungan.

Acara selanjutnya yaitu pengumuman kejuaraan yang bertempat di Ruang Sanitasi Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Juara I diberikan kepada SMK SMTI Yogyakarta “Pemanfaatan Limbah Perajin Emping dan Pertanian menjadi Briket sebagai Energi Terbarukan yang Ramah Lingkungan” ditulis dan berhak mendapatkan Trophy Gubernur DIY, uang pembinaan senilai Rp. 500.000,00 dan sertifikat. Juara II diberikan kepada SMK SMTI Yogyakarta “SIBOLANG (Siomay Bonggol Pisang) Sebagai Upaya Pemanfaatan Limbah Bonggol Pisang sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan Berbasis Zero Waste” dan berhak mendapatkan Trophy Bupati Sleman, uang pembinaan senilai Rp. 350.000,00 dan sertifikat. Juara III diberikan kepada SMA N 1 Sedayu dengan judul “Mengolah Limbah Minyak Jlantah (Re-used,Frying Oil) dan Limbah Plastik Bekas Pakai Menjadi Lilin Hias sebagai Alternatif Usaha Rumah Tangga”  dan berhak mendapatkan Trophy Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, uang pembinaan senilai Rp. 300.000,00 dan sertifikat. Dan untuk pengumuman kejuaraan Lomba Desain Poster pada tanggal 16 September 2017 diperoleh Juara I diberikan kepada Muhammad Hudaifah Nurcholis Al Fatah dari MAN 2 Sleman dan berhak mendapatkan Trophy Gubernur DIY, uang pembinaan senilai Rp. 450.000,00 dan sertifikat. Juara II diberikan kepada Danish Kurniawan dari SMK Muhammadiyah Prambanan dan berhak mendapatkan Trophy Bupati Sleman, uang pembinaan senilai Rp. 300.000,00 dan sertifikat. Juara III diberikan kepada Sandyka Setyawan SMK Muhammadiyah Prambanan dan berhak mendapatkan Trophy Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, uang pembinaan senilai Rp. 250.000,00 dan sertifikat.

You may also like...