PENERIMAAN TAMU RACANA DEWAN RACANA HARYO PURBOYO DAN NYI AGENG SERANG PANGKALAN POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN 2017

Penerimaan Tamu Racana Dewan Racana Haryo Purboyo dan Nyi Ageng Serang tahun 2017 dilaksanakan pada Sabtu, 25 November 2017. Kegiatan ini berlangsung di Graha Bina Husada mulai pukul 07.00 WIB hingga 13.30 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh sangga kerja sebanyak 29 orang, tamu undangan sebanyak 13 orang, pembina sebanyak 3 orang, pemateri sebanyak 2 orang, dan peserta dari 6 jurusan sebanyak 454 orang.

Kegiatan ini diawali dengan registrasi peserta sesuai jurusan masing-masing. Registrasi peserta dimulai pukul 07.00 WIB hingga 07.30 WIB. Para peserta melakukan registrasi dengan tertib.

Setelah registrasi, peserta diarahkan untuk masuk ke dalam GBH guna mengikuti upacara pembukaan. Peserta dibagi menjadi 31 banjar. Upacara pembukaan berlangsung pukul 07.30 WIB hingga 08.00 WIB. Pembina dalam upacara pembukaan ini adalah Bapak Joko Susilo, SKM, M.Kes selaku Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Beliau membuka kegiatan Penerimaan Tamu Racana ini secara simbolis.

Setelah mengikuti upacara pembukaan, panitia mengarahkan peserta menuju luar GBH. Di luar GBH panitia membagi peserta yang telah tergabung ke dalam 62 reka. Peserta dibagi menjadi 2 kloter, 1 kloter materi, dan 1 kloter travelling. KegiatanĀ  travelling dan penyampaian materi dimulai pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB

Kloter materi dibagi menjadi 2 lagi, yaitu materi Sejarah Kepramukaan dan materi Krida SBH. Materi Sejarah Kepramukaan disampaikan oleh Kak drh. Idi Setyobroto, M.Kes selaku Pembina. Penyampaian materi Sejarah Kepramukaan bertempat di Aula Asrama 1. Adapun materi Krida SBH disampaikan oleh Kak Eko Pardianto selaku Pemangku Adat 2016/2017 bertempat di Ruang Tamu Asrama 1. Penyampaian materi ini dilakukan secara bergantian. Sebagian reka mengikuti materi Sejarah Kepramukaan dan sebagian lagi mengikuti materi Krida SBH. Kemudian bergantian apabila sudah selesai 1 materi.

Adapun travelling dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB. Travelling diikuti oleh separuh reka yang belum mengikuti materi. Travelling dibagi menjadi 2 jalur, yaitu jalur merah dan biru. Pada setiap jalur terdapat 3 pos, yaitu pos 1, 2, dan 3. Pos 1 berisi permainan Estafet Sarung. Permainan ini merupakan permainan yang membutuhkan kekompakan dan kecepatan untuk memindakan sarung dari orang pertama hingga orang terakhir secara melingkar.

Pada pos 2 berisi permainan Bambu Setan. Permainan ini merupakan permainan yang membutuhkan kekompakan, stategi dan kepercayaan antaranggota reka agar masing masing anggota reka dapat melewati bambu yang disusun sebagai tangga secara bergantian.

Kemudian pada pos 3 terdapat penugasan berupa soal sandi. Penugasan untuk membaca sandi-sandi ini bertujuan agar peserta tahu apa yang dimaksud, maka perlu kecerdasan dan ingatan yang kuat untuk memecahkan soal sandi tesebut.

Pada pukul 12.00 WIB semua peserta telah selesai melaksanakan kegiatan, baik materi maupun travelling. Peserta diarahkan untuk istirahat, sholat, dan makan hingga pukul 12.30 WIB. Setelah itu peserta diarahkan menuju lapangan luar GBH untuk mengikuti upacara penutupan. Upacara penutupan berlangsung pada pukul 12.30 WIB hingga 13.00 WIB. Saat upacara penutupan terdapat sedikit kesalahan, yaitu tidak ada pelepasan tanda penyematan peserta. Untuk kedepannya semoga bias lebih teliti lagi. Kemudian pada pukul 13.00 WIB hingga 13.30 WIB peserta registrasi pulang sesuai jurusannya. Setelah melakukan registrasi peserta dipersilahkan untuk pulang.

You may also like...