ORASI DAN PEMILU RAYA CALON KETUA DAN WAKIL KETUA HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN GIZI POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN 2017/2018

Yogyakarta (06/11), dalam rangka mengejawantahkan demokrasi dalam lingkup kampus, Himpunan Mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta telah menyelenggarkan Orasi dan Pemilu Raya Calon Ketua dan Wakil Ketua HMJ Gizi pada Senin, 06 November 2017 di Graha Bina Husa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Organisasi mahasiswa merupakan sebuah wadah bekumpulnya mahasiswa demi mencapai tujuan bersama serta sebagai wadah kerja sama dan berjejaring untuk mengembangkan potensi, minat, serta bakat serta partisipasi aktif terhadap kualitas pendidikan dan kemajuan indonesia.

Serangkaian acara ini dimulai dengan mengadakan open recruitmen kepada mahasiswa Gizi tingkat satu dan tingkat dua untuk kemudian menjalankan beberapa test berupa psikotes dan wawancara seputar organisasi dan HMJ Gizi yang telah dilaksanakan pada tanggal 7-8 Oktober 2017. Dari hasil test dan musyawarah anggota HMJ Gizi terpilihlah beberapa nama yang bergabung dalam anggota organisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta sesuai dengan kriteria dan komitmen dalam berorganisasi.

Dari anggota-anggota yang terpilih tersebut dipilihlah 5 orang calon ketua dan 5 orang calon wakil ketua untuk kemudian menjalankan beberapa test sehingga mengerucut pada 3 pilihan kandidat ketua dan 3 kandidat wakil ketua HMJ Gizi yang terdiri menjadi 3 pasangan yaitu :

Pasangan 1 : Atikah Rahmasari (DIV Gizi) dan Safrilla Putri Suryaningtyas(DIII Gizi)

Pasangan 2 : Ophie Hanifah Isma Muthiya T. (DIII Gizi) dan Raden Rahmad Manu Wibowo ((DIV Gizi)

Pasangan 3 : Divanda Dini Reninta (DIII Gizi) dan Apryliana Astika Putri (DIV Gizi)

Kegiatan Orasi dan Pemilu Raya ini dihadiri oleh ± 200 mahasiswa jurusan Gizi. Acara ini dilaksanakan pukul 16.00 WIB diawali dengan pembukaan, menyayikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan Visi dan Misi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Dilanjutkan dengan laporan ketua panitia oleh Gita Asmara Puspa Salsabila dan sambutan oleh Ketua Jurusan Gizi yaitu Ibu Tjarono Sari, SKM, M.Kes.

Memasuki acara inti yaitu Orasi pasangan calon ketua dan wakil ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan 3 babak, yaitu babak pertama adalah menjelaskan visi misi masing-masing kandidat, babak kedua adalah pertanyaan dari audiens untuk paslon dan yang ketiga adalah pernyataan dari pasangan calon ketua dan wakil ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Gizi. Dilanjutkan dengan Pemilu Raya HMJ Gizi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan asas LUBER JURDIL.

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan perhitungan suara yang dipimpin oleh Puspita Lestari Fajrin dan yang menjadi saksi adalah perwakilan dari Badan Legislatif Mahasiswa,Badan Eksekutif Mahasiswa , seluruh perwakilan kelas  Jurusan Gizi dan Panitia. Hasil dari Perhitungan Suara Ini yaitu :

Pasangan Calon Nama Calon Perolehan Suara
1 Atikah Rahmasari (DIV Gizi) dan Safrilla Putri Suryaningtyas(DIII Gizi) 47
2 Ophie Hanifah Isma Muthiya T. (DIII Gizi) dan Raden Rahmad Manu Wibowo ((DIV Gizi) 77
3 Divanda Dini Reninta (DIII Gizi) dan Apryliana Astika Putri (DIV Gizi) 59
Tidak Sah 2
Total Suara 185

 Dari hasil perolehan suara, maka ditetapkan Ketua dan Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Gizi yaitu Ophie Hanifah Isma Muthiya T. (DIII Gizi) dan Raden Rahmad Manu Wibowo ((DIV Gizi), acara diakhiri dengan serah terima jabatan dari ketua dan wakil ketua HMJ Tahun 2016/2017 kepada ketua dan wakil ketua HMJ tahun 2017/2018.

Semoga Ketua dan Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Gizi periode 2017/2018 dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan amanah dan dapat memajukan HMJ Gizi menjadi organisasi yang lebih baik lagi.

 

You may also like...