Kegiatan Retret Persekutuan Mahasiswa Kristen dan Katholik (PMKK) 2017

Kegiatan Retreat yang sudah diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Persekutuan Mahasiswa Kristen Katolik atau yang disingkat UKM PMKK ini merupakan acara untuk memperingati sekaligus menghayati masa paskah, yang diselenggarakan pada tanggal 22 dan 23 April 2017 dan bertempat di Wisma Taman Eden II Kaliurang dengan jumlah peserta sebanyak 60 orang termasuk dosen pembimbing PMKK.

Acara ini diawali dengan pembukaan di Aula Asrama Mahasiswa Terpadu oleh Ketua Acara Retreat, Wening Anggun, dari Jurusan Kesehatan Lingkungan. Pada acara pembukaan,  peserta diberikan arahan,  tata tertib dan jadwal kegiatan yang akan dilakukan.  Setelah pembukaan,  peserta dan panitia berangkat ke Wisma menggunakan bus Poltekkes pada pukul 12.30  WIB. Tiba di Wisma Taman Eden II Kaliurang, peserta dikumpulkan di aula wisma untuk pembagian kamar dan sedikit ice breaking dari panitia agar peserta lebih bersemangat lagi.

Setelah peserta makan makan malam, acara dilanjutkan dengan salah satu bagian acara terpenting yaitu Ibadah Sesi Pertama yang di pimpin oleh Suster Teresia Sri Wahyuni dan Bapak Pendeta Ronni Agung Kurniadi. Namun sebelumnya, Bapak Sigit selaku pembina PMKK memberikan sambutan terlebih dahulu. Ibadah Sesi Pertama berlangsung khusyuk dengan kondisi ruangan yang remang hanya bernyalakan lilin. Peserta hanyut dalam suasana damai saat suster memberikan kesaksian tentang Yesus Kristus. Tiba saatnya Bapak Ronni menggantikan posisi suster Teresia untuk memimpin ibadah, suasana sekitar seketika berubah ramai dan ceria oleh pujian-pujian yang dinyanyikan peserta. Pembawaan ibadah lebih ekspresif, peserta pun tambah bersemangat saat ibadah. Ibadah sesi 1 selesai pukul 21.00 WIB dan dilanjutkan dengan api unggun.  Di acara api unggun ini,  peserta dibagi berkelompok dan memainkan permainan yang sudah disiapkan panitia.

Pada hari kedua, peserta mengawali pagi berkumpul melingkar di aula untuk melaksanakan doa pagi dan renungan pagi yang dipimpin oleh saudari Nia dari Jurusan Gizi, kemudian dilanjutkan dengan senam pagi sampai pukul 06.00 WIB yang dipimpin oleh saudari Monica dan Devina. Pukul 07.00 WIB Ibadah Minggu dimulai, namun Ibadah peserta dan panitia Kristen Katolik dipisah. Ibadah Katolik dipimpin oleh Romo Marihot Simanjuntak dan berada di Aula Wisma, sedangkan Ibadah Kristen dipimpin oleh Pendeta Ronni Agung Kurniadi yang bertempat di balkon kamar hotel yang cukup luas. Ibadah minggu ini diikuti peserta dan panitia dengan khidmat dan sukacita. Ibadah Minggu selesai pada pukul 09.00 WIB dan dilanjutkan dengan outbond.

Outbond selesai pada pukul 12.00 WIB dan dilanjutkan dengan Ibadah Penutup.  Ibadah Penutup dimulai dengan menyanyikan beberapa lagu, kemudian ada pengarahan dan sambutan oleh pembina PMKK. Diumumkan juga para pemenang outbond dengan hadiah yang telah disiapkan panitia. Ibadah selesai pada pukul 14.00 WIB dan ditutup dengan foto bersama antara panitia dan  peseta.  Setelah itu, peserta menuju bus masing-masing dan berangkat meninggalkan Wisma Taman Eden II menuju kampus Poltekkes yang sebelumnya dipimpin doa oleh panitia.

You may also like...