INFORMASI SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR MANDIRI (ALIH JENJANG DARI D III KE D IV/SARJANA TERAPAN) POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018

PERSYARATAN SIPENMARU JALUR MANDIRI
  A. Persyaratan Umum
  • Latar belakang pendidikan awal adalah sejalur (in-line) dengan jalur pendidikan yang akan diikuti, sebagai berikut:
Program Studi yang Dituju Latar Belakang Pendidikan
D-IV Analis Kesehatan D-III Analis Kesehatan
D-IV Gizi Diploma III Gizi
D-IV Keperawatan Gigi Diploma III Keperawatan Gigi
D-IV Kesehatan Lingkungan Diploma III Kesehatan Lingkungan
  • Tinggi badan minimal 155 cm bagi laki-laki, 150 cm bagi perempuan untuk semua Jurusan kecuali Jurusan Kesehatan Lingkungan dan Jurusan Keperawatan Gigi.
  • Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter pemerintah meliputi sehat fisik, tidak buta warna), serta tidak hamil bagi perempuan
  • Bersedia mengikuti ketentuan yang berlaku selama proses pendidikan di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, termasuk bagi perempuan bersedia tidak hamil selama mengikuti pendidikan
  • Screenshoot riwayat kuliah D-III terdaftar di laman http://forlap.ristekdikti.go.id
  • Menyerahkan Surat Klarifikasi Lulusan dari Perguruan Tinggi Asal
  • Apabila memiliki pelatihan dan/atau pendidikan lain in-service atau memiliki prestasi setelah menyelesaikan pedidikan baik di tingkat internasional, nasional, propinsi atau kabupaten dapat dilampirkan bukti keikutsertaannya
 B. Persyaratan Khusus Peserta DTPK (Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan)/3 T (Tertinggal,  Terpencil dan Terluar)
  • Calon peserta seleksi berasal dari DTPK dibuktikan dengan Surat Rekomendasi dari Pemerintah Kabupaten/Kota Setempat
  • Calon peserta wajib mengikuti seluruh ketentuan dan proses sipenmaru Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
  • Selama proses sipenmaru, jika diperlukan wajib untuk datang ke Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
 C. Persyaratan Khusus Peserta Warga Negara Asing

Bagi calon peserta warga negara asing yang ingin mengikuti seleksi wajib memenuhi ketentuan sebagai berikut :

  • Calon peserta mendaftar di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
  • Calon peserta wajib mengikuti seluruh ketentuan dan proses sipenmaru Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
  • Apabila calon peserta tersebut dinyatakan lulus dan diterima di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, maka yang bersangkutan harus mengurus Kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAS) di Kanwil Imigrasi Provinsi setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku
 D. Persyaratan Khusus Peserta Tugas Belajar PNS

Bagi peserta tugas belajar mengikuti ketentuan Badan PPSDMK Kemenkes RI sesuai surat edaran No. DM.01.03/V.3/011005/2015 tentang Ketentuan Pelaksanaan Penerimaan Calon Peserta Tugas Belajar Dalam Negeri Bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan Tahun 2017 yaitu :

  • Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pusat Kementerian Kesehatan dan PNS Daerah yang bertugas di bidang kesehatan
  • Mendapatkan ijin tertulis dari atasan langsung dan disetujui oleh pimpinan unit kerja untuk mengikuti seleksi administrasi dan seleksi akademik
  • Masa kerja minimal 1 (satu) tahun terhitung sejak diangkat sebagai PNS
  • Telah penyesuai ijazah (gelar terakhir tercantum dalam SK Kepangkatan)
  • Usia maksimal pada tanggal 1 September 2017 :
    • D-IV maksimal 42 (empat puluh dua) tahun Non DTPK
    • Program D-IV bagi daerah terpencil, tertinggal dan terluar atau jabatan yang sangat diperlukan usia paling tinggi 46 (empat puluh enam) tahun
  • Pangkat/Golongan minimal berdasarkan jenjang pendidikan : D-IV : memiliki pangkat/golongan Pengatur, II/c
  • Latar belakang pendidikan minimal berdasarkan jenjang pendidikan memiliki ijazah D-III yang linear dengan bidang ilmu yang diminati
  • Bagi PNS yang menduduki jabatan struktural diberhentikan dari jabatan strukturalnya dan bagi pejabat fungsional dibebaskan sementara dari jabatan fungsionalnya
  • Tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat
  • Memenuhi persyaratan/ketentuan yang ditetapkan oleh institusi pendidikan
  • Tidak pernah gagal dalam tugas belajar sebelumnya yang disebabkan oleh kelalaiannya dan atau dibatalkan mengikuti tugas belajar karena kesalahannya
  MEKANISME PENDAFTARAN
  • Pendaftar hanya memilih peminatan untuk satu program studi berdasarkan dasar pendidikan in-line.
  • Pendaftaran dilakukan secara online mulai tanggal 22 Mei s/d 1 Juli 2017 melalui poltekkesjogja.ac.id, mengisi form yang telah disediakan, selanjutnya pendaftar akan mendapatkan tagihan pembayaran melalui email pendaftar.
  • Pendaftar melakukan pembayaran di Bank BNI 46  menggunakan menu SPC dengan membawa nomor tagihan yang masuk dalam email pendaftar. Biaya pendaftaran sebesar Rp. 350.000,- (tiga ratus lima puluh ribu rupiah).
  • Khusus untuk Jurusan Gizi dan Kesehatan Lingkungan, pendaftaran diperpanjang sampai tanggal 15 juli 2017. Berkas maksimal di terima panitia tanggal 17 Juli 2017. Pelaksanaan uji tulis untuk Jurusan Gizi dan Kesehatan Lingkungan tanggal 19 Juli 2017

Pembayaran dapat dilakukan melalui:

  A. ATM BNI
Pilih Menu Lain  –> Pembayaran  –> Menu berikutnya Universitas  –>  SPC  –> Masukkan kode 9150 diikuti nomor tagihan yang tertulis pada email pendaftar sebanyak 10 digit Contoh: 201732xxxx. (Hanya bisa di lakukan di ATM BNI yang berlokasi di Bank BNI).  
 B. Melalui Teller di Bank BNI.
Menyampaikan ke teller pembayaran SPC dengan  kode institusi  9150 diikuti nomor tagihan yang tertulis pada email pendaftar sebanyak 10 digit. Contoh: 201732xxxx. Setelah melakukan pembayaran, pendaftar akan memperoleh nomor PIN dari Bank BNI.
  • Pendaftar melakukan login kembali di Web, mengisi nomor tagihan dan nomor PIN yang diberikan Bank BNI 46, kemudian mengisi isian data secara on line, mencetak formulir dan surat pernyataan.
  • Pendaftar menyerahkan berkas ke Kampus I Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Jl Tatabumi No. 3 Banyuraden Gamping Yogyakarta paling lambat tanggal 2 Juli 2017

 

  KELENGKAPAN BERKAS
  • Asli bukti pembayaran di Bank
  • Print Out Formulir pendaftaran yang telah diisi.
  • Foto copy ijazah dan transkrip nilai D-III, yang sudah dilegalisir masing-masing sebanyak 1 lembar. Bagi mahasiswa tingkat akhir, dapat melampirkan surat keterangan dari pimpinan Perguruan Tinggi. Contoh surat lampiran bisa di download disini : DOWNLOAD
  • Fotocopy piagam akreditasi institusi pendidikan sebanyak 1 lembar.
  • Surat Keterangan persetujuan mengikuti pendidikan dari pimpinan unit kerja bagi yang sudah bekerja.
  • Surat Keterangan persetujuan mengikuti pendidikan dari suami/istri bagi yang sudah menikah.
  • Surat keterangan tugas belajar bagi peserta tugas belajar.
  • Surat pernyataan sanggup menanggung biaya pendidikan dan mentaati peraturan pendidikan (cetak dari sistem).
  • Bagi utusan pemerintah daerah/kerjasama/DTPK dapat melampirkan surat rekomendasi.
  • Fotocopy piagam pelatihan dan/atau pendidikan lain in-service yang dilegalisir pimpinan institusi pada tingkat kabupaten, propinsi, nasional, atau internasional jika memiliki.
  • Surat Keterangan kesehatan dari dokter pemerintah (rumah sakit pemerintah, puskesmas) meliputi Tinggi Badan (TB), tidak buta warna, serta tidak hamil bagi perempuan.
  • Pas foto terbaru ukuran 4×6 cm background merah sebanyak 3 lembar
  • Surat Klarifikasi Lulusan dari Perguruan Tinggi Asal
  • Fotokopy KTP, Kartu Keluarga, JKN
  • Berkas persyaratan pendaftaran disusun sesuai urutan dan dimasukan dalam stop map
    • Warna Pink : Jurusan Analis Kesehatan
    • Warna Hijau : Jurusan Gizi
    • Warna Biru : Jurusan Keperawatan Gigi
    • Warna Coklat : Jurusan Kesehatan Lingkungan

PENTING : Setiap pendaftar harus memiliki fotokopi berkas pendaftaran yang dikirim kepada Panitia Poltekkes Kemenkes Yogyakarta!

 JADWAL PELAKSANAAN 
NO KEGIATAN WAKTU
1. Waktu pendaftaran 22  Mei – 29  Juni 2017
2. Berkas diterima Panitia Sipenmaru terakhir 30 Juni 2017
3. Pengumuman Tahap I (kelengkapan berkas) peserta bisa mengecek sendiri dengan login ke sistem Sipenmaru
4. Uji tulis (Tahap II) 6  Juli 2017
5. Pengumuman Tahap II 10  Juli 2017
6. Pendaftaran Uji Kesehatan (Tahap III) 10-11 Juli 2017
7. Uji Kesehatan fisik, psikotes, bebas dari narkoba  (Tahap III) 12 – 14 Juli 2017
8. Pengumuman Tahap III 17 Juli 2017
9. Daftar ulang 18- 21 Juli 2017
10. Pengumuman pemanggilan cadangan 25 Juli  2017
11. Daftar ulang cadangan 25 – 27  Juli 2017
12. Tahun Akademik 2017/2018 4 September 2017
*Tentative
 PELAKSANAAN UJIAN TULIS

Ujian Tulis Sipenmaru Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Tahun Akademik 2017/2018 Jalur Mandiri akan dilaksanakan pada tanggal 6 Juli 2017 di Kampus Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan materi keprofesian

 PENENETUAN KELULUSAN

Ketentuan kelulusan Seleksi Sipenmaru Jalur Mandiri :

Tahap I : Kelulusan berdasarkan pada kelengkapan data, berkas, dan dokumen
Tahap II : Kelulusan berdasarkan hasil ujian tulis berdasarkan urutan ranking nilai yang diperoleh pada nilai sesuai kompetensi profesi dan  Jenjangnya
Tahap III : Kelulusan berdasarkan pada tes kesehatan yang dilakukan oleh tim yang ditunjuk Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang meliputi sehat fisik, psikologi, tidak menggunakan narkoba, dan tidak hamil bagi perempuan (biaya uji kesehatan Rp 325.000,-)
 PENETAPAN KELULUSAN
  • Penetapan kelulusan dinyatakan setelah peserta lulus semua tahap
  • Penetapan calon mahasiswa baru Poltekkes yang diterima tersebut dibuat dalam berita acara yang ditandatangani oleh Ketua Panitia Poltekkes dan diketahui oleh Direktur.
  • Dalam penetapan ditentukan peserta lulus utama dan peserta lulus cadangan
 PENGUMUMAN CALON MAHASISWA BARU YANG DITERIMA

Calon mahasiswa baru yang diterima (utama dan cadangan) diumumkan oleh Ketua Panitia Poltekkes Kemenkes Yogyakarta diketahui Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

 PENDAFTARAN ULANG BAGI CALON MAHASISWA BARU YANG DITERIMA
  • Bagi peserta yang telah dinyatakan sebagai calon mahasiswa baru (lulus utama) wajib melakukan registrasi dengan membayar biaya daftar ulang sesuai program studinya dan melengkapi berkas mahasiswa baru yang meliputi :
1. Biodata Mahasiswa Baru : 2 lembar
2. Fotokopi Ijazah (legalisir) : 2 lembar
3. Fotokopi transkrip nilai (legalisir)
 
: 2 lembar
4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian  
– Asli : 1 lembar
– Fotokopi legalisi : 1 lembar
5. Surat pernyataan sebagai calon mahasiswa baru Poltekkes Kemenkes Yogyakarta  
– Asli : 1 lembar
– Fotokopi : 1 lembar
6. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) (legalisir) : 2 lembar
7. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) (legalisir) : 2 lembar
8. Fotokopi JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) : 2 lembar
9. SK Tugas Belajar (bagi mahasiswa peserta tugas belajar) : 2 lembar
 
10. Kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAS) dari Kantor Wilayah Imigrasi Provinsi setempat bagi Warga Negara Asing : 2 lembar
11. Bukti pembayaran daftar ulang : 2 lembar
12. Foto ukuran 3×4 cm terbaru Prodi D IV background merah : 2 lembar
  • Bagi peserta cadangan, pendaftaran ulang akan dilakukan setelah ada pemberitahuan lebih lanjut.

 

 BIAYA DAFTAR ULANG BAGI CALON MAHASISWA BARU

Biaya daftar ulang mahasiswa baru Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Tahun Akademik 2017/2018 sebagaimana terlampir. 

 PENGUNDURAN DIRI

Calon mahasiswa baru yang telah mendaftar ulang dan menyelesaikan proses administratif, kemudian mengundurkan diri maka wajib membuat surat pernyataan pengunduran diri bermaterai Rp 6.000,-. Semua biaya yang telah dikeluarkan tidak dapat ditarik kembali.

You may also like...