INFORMASI PELAKSANAAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) REGULER JALUR UJIAN TULIS POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018 GELOMBANG II

PERSYARATAN SIPENMARU REGULER JALUR UJIAN TULIS GELOMBANG II 
  PROGRAM STUDI YANG DIBUKA
Diploma III : Diploma IV (Sarjana Terapan) :
–        Analis Kesehatan

–        Gizi

–        Kebidanan

–        Keperawatan

–        Keperawatan Gigi

–        Kesehatan Lingkungan

–        Gizi

–        Kebidanan

–        Keperawatan Gigi

–        Kesehatan Lingkungan

  PERSYARATAN UMUM SIPENMARU JALUR UJI TULIS
  • Lulus dari pendidikan :
    • SMU/SMA/MA atau sederajat.
    • SMK/MAK dengan pilihan jurusan yang sesuai dan ditetapkan oleh Panitia Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
    • Paket C.

Asal SMK sebagai berikut:

Jurusan SMK
Analis Kesehatan 1.     SMK Jurusan Kimia

2.     SMK Jurusan Analis Kesehatan

3.     Sekolah Menengah Farmasi (SMF)

4.     Sekolah Menegah Teknik Industri (SMTI)

Gizi SMK Jurusan Boga

SMK Kesehatan Semua Jurusan

Kebidanan SMK Jurusan Keperawatan

SMK Jurusan Kebidanan

Keperawatan SMK Jurusan Keperawatan
Keperawatan Gigi 1.    SMK Jurusan Keperawatan

2.    SMK Jurusan Keperawatan Gigi

3.    SMK Kesehatan Semua Jurusan

Kesehatan Lingkungan 1.    SMK Jurusan Teknik

2.    SMK Kesehatan Semua Jurusan

  • Usia calon peserta maksimal 27 tahun pada bulan September 2017 kecuali peserta TUBEL (Tugas Belajar),IBEL (Ijin Belajar).
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di Poltekkes dan tidak mengganggu aktivitas kinerja sesuai profesinya
  • Tinggi badan minimal 155 cm bagi laki-laki, 150 cm bagi perempuan untuk semua Jurusan kecuali Jurusan Keperawatan Gigi dan Jurusan Kesehatan Lingkungan.
  • Bagi peserta lintas provinsi :
    • Calon peserta dapat mendaftar di Poltekkes terdekat dengan tempat tinggal pendaftar dan menyampaikan kepada panitia setempat untuk mengikuti sipenmaru lintas provinsi di tujuan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
    • Calon peserta wajib mengikuti seluruh ketentuan dan proses sipenmaru Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
    • Selama proses sipenmaru, jika diperlukan wajib untuk datang ke Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
  • Bagi peserta DTPK (Daerah Tertinggal, Perbatsan dan Kepulauan)
    • Calon peserta seleksi berasal dari DTPK dibuktikan dengan Surat Rekomendasi dari Pemerintah Kabupaten/Kota Setempat
    • Calon peserta wajib mengikuti seluruh ketentuan dan proses sipenmaru Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
    • Selama proses sipenmaru, jika diperlukan wajib untuk datang ke Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
  • Gakin
    • Calon peserta seleksi berasal dari keluarga miskin dibuktikan dengan Surat Keterangan Miskin dari Kelurahan Desa (bila perlu dilakukan kunjungan rumah)
    • Calon peserta wajib mengikuti seluruh ketentuan dan proses sipenmaru Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
    • Selama proses sipenmaru, jika diperlukan wajib untuk datang ke Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
  • Bagi calon peserta warga negara asing yang ingin mengikuti seleksi wajib memenuhi ketentuan sebagai berikut :
    • Calon peserta mendaftar di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
    • Calon peserta wajib mengikuti seluruh ketentuan dan proses sipenmaru Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
    • Apabila calon peserta tersebut dinyatakan lulus dan diterima di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, maka yang bersangkutan harus mengurus Kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAS) di Kanwil Imigrasi Provinsi setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

  MEKANISME PENDAFTARAN
  1. Pendaftar dapat memilih peminatan satu atau dua program studi.
  2. Pendaftaran dilakukan secara online mulai tanggal 12 Juni – 10 Juli 2017 di  www.poltekkesjogja.ac.id, pilih menu ambil nomor,  mengisi form yang telah disediakan, selanjutnya pendaftar akan mendapatkan tagihan pembayaran melalui email pendaftar. Biaya pendaftaran 1 Pilihan Rp 150.000,- sedangkan biaya pendaftaran 2 pilihan : Rp 200.000,-
  3. Pendaftar melakukan pembayaran di Bank BNI 46 menggunakan menu SPC dengan membawa nomor tagihan yang masuk dalam email pendaftar.

Pembayaran dapat dilakukan melalui:

A. ATM BNI

Pilih Menu Lain –> Pembayaran   –> Menu berikutnya Universitas –> SPC  Masukkan kode 9150 diikuti nomor pendaftaran yang tertulis pada email pendaftar sebanyak 10 digit Contoh: 201741xxxx.

   B. Melalui Teller di Bank BNI.

Menyampaikan ke teller pembayaran SPC dengan  kode institusi  9150 diikuti nomor pendaftaran yang tertulis pada email pendaftar sebanyak 10 digit. Contoh: 201741xxxxSetelah melakukan pembayaran, pendaftar akan memperoleh nomor PIN dari Bank BNI.

  1. Pendaftar membuka web www.poltekkesjogja.ac.id, pilih menu login, mengisi nomor pendaftaran dan nomor PIN yang diberikan Bank BNI, kemudian mengisi isian data secara on line
  2. Mencetak formulir surat pernyataan dan label map yang sudah terisi otomatis dari sistem
  3. Pendaftar menyerahkan berkas ke Kampus I Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Jl Tatabumi no. 3 Banyuraden Gamping Yogyakarta paling lambat tanggal 11 Juli 2017
  KELENGKAPAN BERKAS PENDAFTARAN JALUR UJI TULIS
  1. Asli bukti pembayaran di Bank.
  2. Print Out Formulir pendaftaran yang telah diisi.
  3. Fotokopi Ijazah/ surat keterangan lulus yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah
  4. Fotocopy piagam akreditasi sekolah yang sudah dilegalisir kepala sekolah.
  5. Surat pernyataan (cetak dari sistem)
  6. Surat keterangan kesehatan dari dokter pemerintah meliputi Tinggi Badan (TB), berat badan, tidak buta warna, serta tidak hamil bagi perempuan.
  7. Fotokopy KTP, Kartu Keluarga, JKN
  8. Pas foto terbaru ukuran 4×6 cm berwarna 2 lembar.
  • D-III background biru.
  • Sarjana Terapan background merah
  1. Berkas persyaratan pendaftaran disusun sesuai urutan dan dimasukan dalam stop map
  • Watna Pink : Jurusan Analis Kesehatan
  • Warna Hijau : Jurusan Gizi
  • Warna Kuning : Jurusan Kebidanan
  • Warna Merah : Jurusan Keperawatan
  • Warna Biru : Jurusan Keperawatan Gigi
  • Warna Coklat : Jurusan Kesehatan Lingkungan

Penting : Setiap pendaftar harus memiliki fotokopi berkas pendaftaran yang dikirim kepada Panitia Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Bagi pendaftar yang mendaftar dua prodi, berkas yang dikirim cukup satu berkas. Warna map mengikuti prodi pilihan pertama.

  JADWAL PELAKSANAAN
NO KEGIATAN WAKTU
1. Pendaftaran on line melalui www.poltekkesjogja.ac.id 12 Juni – 12 Juli 2017
2. Berkas diterima terakhir (oleh panitia) 14 Juli 2017
3. Cek lokasi 18 Juli 2017
4. Ujian Tulis 19 Juli 2017
5. Pengumuman seleksi tahap I 21 Juli 2017
6. Pendaftaran uji kesehatan 24 – 25 Juli 2017
7. Uji Kesehatan 27 -29 Juli 2017
8. Pengumuman hasil uji kesehatan 1 Agustus 2017
9. Daftar ulang

 

2- 4 Agustus 2017
10. Pemanggilan cadangan tahap I 7 Agustus 2017
11. Daftar ulang cadangan tahap I 8-9 Agustus 2017
12. Pemanggilan Cadangan Tahap II 10 Agustus 2017
13. Daftar ulang cadangan II 14 – 15  Agustus 2017
14. Pemanggilan Cadangan tahap III 18 Agustus 2017
15. Daftar ulang cadangan tahap III 21 – 22 Agustus 2017
16. Tahun Akademik 2017/2018 4 September 2017
  PELAKSANAAN UJIAN TULIS

Ujian Tulis Sipenmaru Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Tahun Akademik 2016/2017 akan dilaksanakan pada hari Rabu, 7 Juni 2017 di kampus Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan materi ujian sebagai berikut :

No Mata Ujian Jumlah Soal Jumlah Waktu
1 Matematika 30        180 menit
2 Bahasa Inggris 30
3 IPA ( Biologi, Fisika, Kimia) 30
4 Bahasa Indonesia 10

      

  PENENTUAN KELULUSAN UJIAN TULIS
  1. Peringkat kelulusan
    Peringkat kelulusan (nominasi) ujian tulis bagi peserta Sipenmaru dengan 2 pilihan prodi, dapat ditentukan dengan pilihan cara sebagai berikut :
  1. Mengutamakan peringkat kelulusan
    Calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus dan telah diurutkan berdasarkan peringkat bobot mata uji, masing-masing satu persatu secara berurutan diterima/ditempatkan pada prodi (yang menjadi pilihannya baik pilihan I atau II) mulai peringkat tertinggi, sampai alokasi terpenuhi
  2. Mengutamakan pilihan
    Berdasarkan peringkat kelulusan, calon mahasiswa disampaikan ke prodi sesuai pilihan I, sampai alokasi terpenuhi. Apabila alokasi masih tersedia, maka berdasarkan peringkat kelulusan pula alokasi tersebut diisi oleh peserta seleksi dengan pilihan II
  3. Kombinasi (peringkat kelulusan dan pilihan)
    Penetapan calon mahasiswa yang dinyatakan lulus ujian tulis dilakukan secara bertahap per prodi.
    Calon mahasiswa dengan pilihan I dan II yang dinyatakan lulus (di atas NBL) ditempatkan pada prodi namanya akan ada di kedua prodi tersebut.
    Selanjutnya calon mahasiswa tersebut diurutkan sesuai peringkat kelulusan di masing-masing prodi, kemudian ditetapkan/dipilih calon peserta yang diterima sesuai alokasi yang ditetapkan. Apabila seseorang terpilih di dua prodi, maka ia ditetapkan lulus pada prodi pilihan I
  PEMERIKSAAN KESEHATAN
  • Bagi peserta Sipenmaru Jalur Uji tulis, pemeriksaan kesehatan dilaksanakan setelah yang bersangkutan dinyatakan lulus berdasarkan urutan rangking nilai diperoleh pada nilai mata pelajaran (Matematika, Bahasa Inggris, IPA ( Biologi, Fisika, Kimia), Bahasa Indonesia). Pelaksanaan uji kesehatan dilaksnakan setelah yang bersangkutan dinyatakan lulus uji tulis.
  • Pemeriksa kesehatan adalah tim pemeriksa kesehatan yang ditunjuk oleh Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
  • Bagi peserta Poltekkes lintas provinsi, pemeriksaan kesehatan dilaksanakan di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta setelah yang bersangkutan dinyatakan lulus uji tulis sesuai dengan standar pemeriksaan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
  • Penetapan hasil pemeriksaan kesehatan dari tim pemeriksa kesehatan diserahkan kepada Panitia Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
  • Biaya pemeriksaan kesehatan : Rp 325.000,-

 

  PEMERIKSAAN KESEHATAN/UJI LAINNYA 

Selain pemeriksaan kesehatan umum dilakukan juga pemeriksaan kesehatan psikologi, tes bebas narkoba  serta tes kehamilan bagi perempuan

 

  PENENTUAN KELULUSAN UJI KESEHATAN

Peserta yang dinyatakan lulus uji kesehatan adalah peserta yang memenuhi lulus pemeriksaan kesehatan (umum, psikologi, tes bebas dari narkoba  serta tes kehamilan bagi perempuan)

  KELULUSAN
  1. Calon mahasiswa yang dinayatakan lulus/ujian tulis dan/atau ujian kesehatan) disahkan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan diumumkan kepada peserta seleksi.
  2. Penetapan calon mahasiswa baru Poltekkes yang diterima tersebut dibuat dalam berita acara yang ditandatangani oleh Ketua Panitia Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan diketahui oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

 

  PEMANGGILAN CALON MAHASISWA CADANGAN

Pemanggilan calon mahasiswa cadangan dilakukan apabila kuota belum terpenuhi.

  PENDAFTARAN ULANG BAGI MAHASISWA BARU YANG DITERIMA

Bagi peserta yang telah dinyatakan sebagai calon mahasiswa baru (lulus utama) wajib melakukan registrasi dengan membayar biaya daftar ulang sesuai program studinya dan melengkapi berkas mahasiswa baru yang meliputi :

a. Biodata Mahasiswa Baru :2 lembar
b. Fotokopi Ijazah (legalisir) : 2 lembar
c. Fotokopi SKHUN (legalisir) : 2 lembar
d. Surat Keterangan Catatan Kepolisian
–        Asli : 1 lembar
–        Fotokopi legalisir : 1 lembar
e. Surat pernyataan sebagai calon mahasiswa baru Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
–        Asli : 1 lembar
–        Fotokopi : 1 lembar
f. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) (legalisir) : 2 lembar
g. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) (legalisir) : 2 lembar
h. Fotokopi JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) : 2 lembar
i. SK Tugas Belajar (bagi mahasiswa peserta tugas belajar) : 2 lembar
j. Surat Rekomendasi dari Pemerintah Kabupaten/Kota Setempat bagi peserta DTPK dibuktikan dengan : 2 lembar
k. Surat keterangan miskin dari Kelurahan/Desa (bagi mahasiswa gakin) : 2 lembar
l. Kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAS) dari Kantor Wilayah Imigrasi Provinsi setempat bagi Warga Negara Asing : 2 lembar
m. Bukti pembayaran daftar ulang : 2 lembar
n. Foto ukuran 3×4 cm terbaru Prodi D-III background biru dan Prodi D IV (Sarjana Terapan) background merah : 2 lembar

 

  BIAYA DAFTAR ULANG BAGI CALON MAHASISWA BARU

Biaya daftar ulang mahasiswa baru Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Tahun Akademik 2017/2018 sebagaimana terlampir.

  PENGUNDURAN DIRI

Calon mahasiswa baru yang telah mendaftar ulang dan menyelesaikan proses administratif, kemudian mengundurkan diri maka wajib membuat surat pernyataan pengunduran diri bermaterai Rp 6.000,-. Semua biaya daftar ulang yang telah dibayarkan tidak dapat diambil kembali oleh calon mahasiswa baru.

You may also like...