Bakti Ramadhan Himpunan Mahasiswa Jurusan Keperawatan 1438 H

Bakti Ramadhan menjadi salah satu kegiatan mahasiswa jurusan keperawatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dalam rangka melakukan pengabdian kepada masyarakat. Sebab di Indonesia khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta masih banyak daerah yang memerlukan bantuan dari tangan-tangan para generasi mudah penuh semangat, berintelektual, dan kreatif, sebagai persiapan menjadi penerus bangsa.

Kegiatan ini adalah ajang pembelajaran diri bagi mahasiswa dalam membentuk kualitas diri unggulan agar keilmuan yang selama ini dipelajari tidak hanya terpaku di lingkungan kampus, tetapi dapat menemukan wajah barunya pada lingkungan berbeda yakni di masyarakat luas. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memupuk rasa persaudaraan terhadap sesama, mencoba membangkitkan kesadaran akan nilai-nilai agama dan pendidikan, menumbuhkan jiwa tolong menolong terhadap sesama, melatih dan mengaplikasikan dalam wujud nyata rasa empati terhadap sesama, serta menumbuhkan jiwa altruistik dan sikap kritis terhadap kondisi sekitar.

Berangkat dari bahasan pemikiran di atas dan dengan didorong oleh niat yang ikhlas memanfaatkan bulan Ramadhan yang penuh dengan berkah, hidayah dan maghfirah ini, maka kami Himpunan Mahasiswa Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta mencoba mengaktualisasikan diri dalam sebuah kegiatan nyata yang diadakan di Kauman, Jatisarono, Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta pada Sabtu 3 Juni 2017 dari pukul 15.00 hingga 17.30 WIB.

Kegiatan ini di hadiri oleh masyarakat Kauman, Jatisarono, Nanggulan, Kulon Progo dan berbagai delegasi ormawa serta dosen pendamping. Kegiatan ini meliputi pengecekkan kesehatan meliputi cek tensi, cek TB dan BB, cek asam urat, dan cek kelelahan yang bekerjasama dengan klinik pratama Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan berbagai jurusan lain di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kemudian kegiatan itu dilanjutkan dengan pembagian sembako gratis bagi warga yang membutuhkan. Setelah itu acara dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan oleh salah satu dosen keperawatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang diselingi dengan persembahan hadroh oleh Al – Mizan. Dan dengan diadakannya kegiatan Bakti Ramadhan ini diharapkan dapat lebih memperdalam jiwa sosial dan kepedulian terhadap sesama.

You may also like...